Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Capres 2024: Mungkinkah Ganjar Pranowo Tetap Maju Pilpres?

Sejumlah survei tetap menyebutkan nama Ganjar Pranowo sebagai salah satu dari beberapa nama yang disebut berpeluang maju Pilpres 2024.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 20 Juni 2021  |  14:27 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengunjungi Posko Gabungan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus, Minggu (13/6/2021). - Istimewa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengunjungi Posko Gabungan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus, Minggu (13/6/2021). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Ganjar Pranowo kian sering disebut layak maju pada Pilpres 2024. Di sisi lain, Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum DPP PDIP masih belum memberi sinyal restu.

Malahan, ada kubu di PDIP yang menganggap Ganjar bertindak terlalu jauh atau kemajon dalam bahasa Jawa.

Apa daya, sejumlah survei tetap menyebutkan nama Ganjar Pranowo sebagai salah satu dari beberapa nama yang disebut berpeluang maju Pilpres 2024.

Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil disebut memiliki kecenderungan sebagai calon presiden yang akan dipilih kaum milenial. Demikian hasil survei Center for Political Communication Studies, CPCS.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang kerap merajai posisi sebagai capres yang diunggulkan, menurut survei CPCS berada di posisi ketiga.

"Capres yang paling diunggulkan oleh pemilih milenial dan gen Z bukan figur Prabowo yang biasanya paling difavoritkan secara umum, tetapi lebih condong pada Ganjar dan Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Hasil sigi terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga menempatkan nama Ganjar Pranowo di tiga besar. 

Survei memang mencatat sebanyak 85 persen publik pada Maret dan 87 persen pada Mei 2021  menyukai Ridwan Kamil. Namun Ganjar tetap membayangi.

Peneliti SMRC Sirodjudin Abebas mengatakan survei nasional yang digelar 21-28 Mei lalu tersebut mendudukan Ridwan Kamil sebagai tokoh paling disukai, disusul Sandiaga Uno sebesar 84 persen, lalu Ganjar Pranowo 82 persen.

Dia mengungkapkan popularitas dan elektabilitas Gubernur Jawa Barat tetap stabil meski konstelasi survei masih mendudukan Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dalam tiga besar Calon Presiden.

“Kalau kita lihat tren setahun memang [Ridwan Kamil] stabil masuk lima besar lah yah. Itu kalau dllihat dari pertengahan tahun lalu konsisten di kisaran lima besar. Prabowo, Ganjar, Anies, RK, kemudian ada yang Sandiaga, ada bu Risma juga. Selalu di lima besar,” katanya dalam pernyataan resmi, Selasa (15/6/2021).

Mobilisasi Dukungan

Di luar hasil survei, gerakan untuk memobilisasi dukungan terhadap Ganjar masih terjadi. Bukan mustahil hal itu terus berlanjut hingga PDIP menentukan siapa capresnya.

Kalau pun Ganjar tidak diperintahkan Megawati menjadi "petugas partai" yang maju pada Pilpres 2024 bukan berarti Gubernur Jateng itu tidak bisa maju dari jalur lain. 

Sementara itu, hari ini kelompok masyarakat yang tergabung dalam Sahabat Ganjar mendorong Gubernur Jawa Tengah tersebut untuk maju dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Mereka mendeklarasikan mendukung Ganjar maju menjadi calon presiden atau Capres 2024 dalam pemilihan nanti.

“Mendukung dan mengawal Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024 sampai 2029,” kata Ketua Umum Sahabat Ganjar, Leni Handayani dalam konferensi pers virtual dari Yogyakarta, Minggu (20/6/2021).

Selain mendorong Ganjar, Leni mengatakan, kelompoknya mendeklarasikan untuk berkomitmen mengantarkan Ganjar maju dalam Pilpres 2024.

Sahabat Ganjar, kata dia, akan berperan sebagai mitra untuk mensosialisasikan kinerja dan kegiatan politik PDIP itu melalui media sosial, maupun secara langsung.

“Agar tercipta sentimen positif yang berkesinambungan,” tutur dia.

Terakhir, Leni mengatakan Sahabat Ganjar akan mewujudkan visi misi organisasi dengan cara yang positif dan beradab.

Sebelum Sahabat Ganjar muncul, sejumlah kelompok masyarakat telah lebih dulu membentuk basis relawan untuk mendorong Ganjar maju dalam Pilpres 2024. Di antaranya Ganjarist dan Dulur Ganjar Pranowo.

Terus kalau dukungan terus menguat, seperti pada saat pencapresan Jokowi, akankah langkah Ganjar maju Pilpres 2021 bisa dihentikan?

Kita tunggu saja!  

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ganjar pranowo megawati soekarnoputri Pilpres 2024

Sumber : Bisnis.com/Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top