Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korsel Siap Bantu Korut Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Warganya

Kerja sama itu dapat dilaksanakan secara langsung antara kedua Korea ataupun secara global. 
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 15 Juni 2021  |  19:00 WIB
Warga Korea Selatan (Korsel) menonton tayangan televisi yang menunjukkan Presiden Korsel Moon Jae-in berpelukan dengan pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un ketika tiba di Pyongyang, Korut, Selasa (18/9). - Reuters/Kim Hong/Ji
Warga Korea Selatan (Korsel) menonton tayangan televisi yang menunjukkan Presiden Korsel Moon Jae-in berpelukan dengan pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un ketika tiba di Pyongyang, Korut, Selasa (18/9). - Reuters/Kim Hong/Ji

Bisnis.com, JAKARTA Pemerintah Korea Selatan menyatakan kesiapannya untuk membantu proses distribusi vaksin Covid-19 di negara tetangganya, Korea Utara.

Seperti dilansir dari KBS World pada Selasa (15/6/2021), Kementerian Unifikasi Korea Selatan menyatakan bahwa pihaknya dapat bekerja sama dengan Korea Utara untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 dan mempertimbangkan berbagai hal lainnya.

Seorang pejabat kementerian tersebut mengatakan bahwa kerja sama itu dapat dilaksanakan secara langsung antara kedua Korea ataupun secara global. Oleh karena itu, Korea Selatan akan mencari langkah yang paling ideal dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan.

Pernyataan tersebut berarti Korea Selatan dapat mendistribusikan vaksin secara langsung ke Korea Utara atau mengambil bagian dalam kerangka kerja sama global seperti melalui Fasilitas Covax.

Pemerintah Korea Selatan tetap berpendapat bahwa kerja sama antara kedua Korea sangat diperlukan dalam menangani Covid-19. Simpati internasional juga terbentuk dalam KTT G7 baru-baru ini dengan tidak adanya negara yang dikecualikan dalam penyediaan vaksin Covid-19.

Sebelumnya, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in usai KTT bersama Presiden Austria Alexander Van der Bellen menyatakan dalam sebuah jumpa pers bersama bahwa pihaknya akan menyediakan pasokan vaksin untuk Korea Utara.

Moon menekankan bahwa Korea Selatan akan berperan sebagai pusat global pemroduksian vaksin, sehingga dapat berkontribusi dalam menanggulangi Covid-19.

Ditambahkan pula, seluruh negara di dunia dapat melepaskan diri dari pandemi Covid-19 dengan adanya distribusi vaksin yang adil ke negara-negara berkembang, termasuk Korea Utara.

Moon menambahkan bahwa apabila Korea Selatan dapat berperan sebagai pusat global pemroduksian vaksin, maka Korea Utara akan masuk dalam subjek penerima vaksin. Jika pihak Korea Utara setuju, Korea Selatan akan berupaya untuk mendistribusikan vaksin ke Korea Utara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea selatan Vaksin Covid-19
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top