Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejumlah Pejabat Hadiri Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan Megawati

Pengukuhan gelar kehormatan kepada Megawati Soekarnoputri didasarkan atas rekomendasi sejumlah Guru Besar baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ./Istimewa
Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Pertahanan RI (Unhan) akan menggelar sidang terbuka pengukuhan gelar Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri pada hari ini, Jumat (11/6).

Dalam pantauan Bisnis melalui tayangan langsung di YouTube Universitas Pertahanan OFFICIAL pukul 13.30 WIB, tampak beberapa pejabat publik telah hadir di ruangan Sidang Senat Terbuka di Universitas Pertahanan Indonesia, di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Master of Ceremony (MC) virtual acara ini menyampaikan bahwa Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dam KSAD Andika Perkasa telah hadir di lokasi acara.

Disebutkan pula pengukuhan gelar kehormatan kepada Megawati didasarkan atas rekomendasi sejumlah Guru Besar baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa tiga putera-puteri Megawati Soekarnoputri akan ikut menyaksikan secara langsung penganugerahan yang digelar di Aula Merah Putih, Unhan, Bogor.

Ketiga keluarga Megawati itu yakni Mohammad Rizki Pratama, Mohammad Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

"Mas Tatam, Mas Nanan dan Mbak Puan akan menghadiri pengukuhan gelar kepada Ibu Megawati. Mbak Puan juga hadir dalam kapasitas sebagai Ketua DPR RI," jelas Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021).

Selain dihadiri oleh jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju, Hasto mengungkapkan bahwa sejumlah mantan menteri era pemerintahan Megawati juga turut hadir dalam acara tersebut.

"Sejumlah mantan menteri yang bekerja di era pemerintahan Ibu Megawati turut hadir. Apalagi beberapa dari mereka kini bergelar profesor. Untuk diketahui, Ibu Megawati sampai kini menjalin hubungan baik dengan para menterinya," kata Hasto.

Berdasarkan urutan acara, usai pembacaan Surat Keputusan Mendikbudristek, dilanjutkan dengan pembacaan riwayat hidup Megawati Soekarnoputri dan pemutaran video profil secara singkat.

"Ibu Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah sebelum dikukuhkan," ucap Hasto.

Hasto mengatakan saat Pemerintahan Megawati (2001 - 2004) Indonesia menghadapi krisis multidimensi namun pada akhirnya bisa bangkit dan mendapat kepercayaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Hal itu ditambah lagi dengan kiprah Megawati selama ini termasuk dalam memimpin PDIP mendorong sejumlah Guru Besar dalam dan Luar Negeri mengusulkan Megawati layak diberi gelar Profesor Kehormatan.

Hasto mengatakan kader PDIP bangga atas pencapaian Megawati selama ini.

"Sebelum penganugerahan Profesor Kehormatan ini, Ibu Megawati telah menerima sembilan gelar Doktor Honoris Causa dari dalam dan luar negeri. Atas seluruh penganugerahan ini, PDI Perjuangan bangga dibawah kepemimpinan Beliau,” ujar Hasto.

Kepemimpinan Megawati, imbuhnya, sangat kuat dan penuh tanggung jawab terhadap masa depan bangsa.

"Berbeda dengan lainnya, Beliau mempersiapkan calon pemimpin nasional bagi masa depan dan juga pemimpin di berbagai daerah," ujar Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper