Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merasakan Reaksi Setelah Vaksinasi, Ini yang Bisa Dilakukan

Untuk mengantisipasi terjadinya KIPI, di setiap pos pelayanan vaksinasi telah menetapkan contact center yang bisa dihubungi jika ada keluhan dari penerima vaksinasi.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  12:48 WIB
Vaksinasi Covid-19 untuk dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Muria Kudus, Jawa Tengah, Senin (24/5/2021)./Antara - Akhmad Nazaruddin Lathif
Vaksinasi Covid-19 untuk dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Muria Kudus, Jawa Tengah, Senin (24/5/2021)./Antara - Akhmad Nazaruddin Lathif

Bisnis.com, JAKARTA – Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) merupakan bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan.

Adapun, efek samping vaksinasi memiliki reaksi yang berbeda-beda di setiap orang. KIPI ini dibagi dalam 2 kelompok yakni KIPI ringan dan berat.

Berdasarkan akun Instagram Kemenkes, KIPI ringan cenderung bersifat lokal, mudah diatasi, dan bisa hilang dengan sendiri seperti demam, pusing maupun nyeri.

Masyarakat dihimbau untuk tenang jika merasakan efek samping ringan. Kompres air dingin jika terjadi reaksi nyeri, bengkak di lokasi suntikan.

Jika mengalami demam, kompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih, istirahat, dan minum obat jika perlu.

Sementara itu, KIPI berat menunjukkan gejala yang parah dan biasanya tidak berlangsung lama seperti kecacatan, syok anafilaktik, dan alergi.

Reaksi anafilaktik adalah syok yang disebabkan oleh reaksi alergi yang berat. Membutuhkan pertolongan yang cepat dan tepat. Untuk itu, fasilitas pelayanan kesehatan harus selalu siap mengantisipasi kemungkinan kejadian tersebut.

Hingga kini, dilaporkan belum ada kejadian anafilaktik pasca penyuntikan vaksin Covid-19 di Indonesia.

Jika mengalami KIPI berat, apa yang harus dilakukan?

Untuk mengantisipasi terjadinya KIPI, di setiap pos pelayanan vaksinasi telah menetapkan contact center yang bisa dihubungi jika ada keluhan dari penerima vaksinasi.

Dari fasyankes melaporkan ke puskesmas, lalu dari puskesmas melaporkan ke Dinkes kabupaten/kota atau bisa melalui keamananvaksin.kemkes.go.id

Apabila terjadi efek samping serius atau KIPI, maka pasien akan menerima perawatan medis dan seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah.

Dalam pelaksanaan vaksinasi di Indonesia, pemerintah turut melibatkan Komnas KIPI untuk memantau jalannya vaksinasi. Komnas KIPI adalah lembaga yang kredibel dan independen yang memiliki fungsi dalam mengawasi pelaksanaan vaksinasi khusus untuk KIPI.

Sejauh pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Komnas KIPI melaporkan belum ada kematian langsung sebagai akibat dari vaksinasi.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes Vaksin Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top