Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Kita Tak Perlu Percaya Hoaks Vaksin Covid-19

Masyarakat diimbau tak perlu percaya terhadap hoaks vaksin Covid-19 yang kerap beredar di media sosial.
Poster Bersama Lawan Corona
Poster Bersama Lawan Corona

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat diimbau untuk tidak mudah mempercayai hoaks tentang vaksin Covid-19 karena sudah terjamin uji klinis serta keamanannya.

Dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) Mahdi Jufri mengatakan saat ini sebagian besar dosen dan tenaga administrasi UI telah melakukan vaksinasi. Terlebih, vaksin di Indonesia dikontrol oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sehingga uji klinis serta keamanan sudah terjamin.

"Tidak mungkin jika vaksin Covid-19 tidak aman dan dapat beredar. Masyarakat jangan khawatir, juga disarankan untuk tidak mudah percaya pada hoaks tentang vaksin Covid-19," kata Mahdi Jupri, Minggu (30/5/2021).

Sementara, Direktur Registrasi Obat dan Juru Bicara Covid-19 BPOM Lucia Rizka Andalusia mengatakan terus melakukan pengawasan yang ketat terhadap vaksin untuk menjamin mutu, khasiat dan keamanannya.

Hal ini dibuktikan melalui pengawasan dari tahap pre-market hingga tahap post-market terhadap vaksin Covid-19. Selain itu, pada kondisi darurat, seperti pandemi Covid-19, BPOM RI juga mengeluarkan emergency use authorization (EUA) melalui kriteria-kriteria penting yang harus dipenuhi.

Tim BPOM RI bersama Komnas Penilai Khusus Vaksin Covid-19 mempertimbangkan manfaat pemberian vaksin pada seseorang harus lebih besar daripada risiko yang terjadi jika yang bersangkutan tidak divaksinasi.

BPOM RI juga melakukan pengawasan keamanan vaksin melalui farmakovigilans berupa aktivitas surveilans kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI). Melalui pemaparan materi ini, seluruh elemen masyarakat diimbau untuk mempercayai kredibilitas BPOM RI dalam mengawasi keamanan vaksin Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper