Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Instruksi Polri Agar Pembakaran Kantor Polsek Tidak Terulang Lagi

Polri menerapkan sistem rayonisasi, setiap ada peristiwa tindak pidana di kantor polsek, maka polres dan polda setempat turun tangan memberi bantuan.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 19 Mei 2021  |  19:04 WIB
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Kombes Pol Ahmad Ramadhan, Rabu (14/4/2021). - Antara\r\n\r\n
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Kombes Pol Ahmad Ramadhan, Rabu (14/4/2021). - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Polri memerintahkan seluruh kapolda hingga kapolres agar memberikan bantuan jika terjadi suatu peristiwa tindak pidana di kantor polsek.

Hal tersebut bertujuan agar insiden pembakaran yang terjadi di Polsek Candipuro tidak terulang di kemudian hari. Pasalnya, setiap polsek memiliki jumlah anggota yang berbeda, disesuaikan dengan wilayah masing-masing.

"Tentunya setiap polsek, jumlah anggotanya tidak sama. Ada polsek urban dan polsek rural, itu berbeda. Misalnya polsek di Jakarta ada di atas 100 orang, tetapi di beberapa daerah ada yang jumlahnya hanya 20 atau 25 orang," tutur Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Polisi Ahmad Ramadhan, Rabu (19/5/2021).

Oleh karena itu, kata Ramadhan, Polri menerapkan sistem rayonisasi, setiap ada peristiwa tindak pidana di kantor polsek, maka polres dan polda setempat turun tangan memberi bantuan.

"Jadi ini adalah pemberdayaan personel Polri untuk menutup kekurangan jumlah rasio police tadi," kata Ramadhan.

Sebelumnya diberitakan, Polres Lampung Selatan mengamankan delapan orang provokator terkait aksi pembakaran Polsek Candipuro, Selasa (18/5/2021), sekitar pukul 23.15 WIB.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengakui Polsek Candipuro Lampung Selatan, Lampung tidak memiliki jumlah personel yang cukup untuk menghalangi massa melakukan pembakaran.

Pasalnya, kata Ramadhan, jumlah personel Kantor Polsek Candipuro itu hanya 19 orang, sementara jumlah massa yang mendatangi dan membakar Kantor Polsek Candipuro ada ratusan orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri polsek
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top