Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Menkes Pastikan Kesiapan Layanan Kesehatan

Pemerintah telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 usai lebaran.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 11 Mei 2021  |  13:06 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat
Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa pemerintah telah mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19 usai libur Lebaran 2021.

Salah satu hal yang telah dipersiapkan sejak dini ialah tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit. Menkes menyatakan saat ini masih tersedia 53.000 tempat tidur dari 78.000 yang disiapkan pemerintah.

“Dari awal pandemi 3.500 bed isolasi sekarang sudah kita tambah jadi 78.000. Saat ini terpakai 25.000. Kita masih ada buffer 53.000 bed (200%+). Semoga lonjakan kasus tidak setinggi ini,” cuitnya melalui akun Twitter @BudiGSadikin, Selasa (11/5/2021).

Hal itu disampaikan Menkes untuk menanggapi cuitan Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono yang menyarankan agar pemerintah menyiapkan kapasitas layanan kesehatan sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus positif pascalebaran.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa pemerintah kurang maksimal dalam memberikan dukungan terhadap program vaksinasi bagi lansia.

“Pak Menkes @BudiGSadikin perlu menyiapkan kapasitas layanan kesehatan, tak akan cukup bila lonjakan sangat tinggi. Vaksinasi lansia pun tak didukung maksimal. Hanya @aniesbaswedan yg dorong vaksinasi lansia terus ditingkatkan. Jangan abaikan 3M, batasi mobilitas & interaksi,” cuit Pandu melalui akun Twitter @drpriono1.

Dalam cuitan sebelumnya, Pandu juga mengkritisi usulan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yakni pemberian vaksin gratis kepada para pemudik yang melakukan perjalanan darat.

Pandu mempertanyakan apakah usulan tersebut sudah didiskusikan dengan Menkes.

“Apakah @BudiKaryaS sudah berdiskusi dengan @BudiGSadikin sebelum melontarkan ide tersebut? Percaya deh ide tersebut tidak ada manfaatnya sama sekali. @KemenkesRI @kemenhub151 @jokowi,” cuitnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkes lebaran Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top