Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Cara Agar Doa Cepat Terkabul Saat Ramadan

Saat Ramadan kemungkinan besar doa akan terkabul, tetapi ada beberapa cara yang harus dilakukan agar doa bisa terkabul.
Jemaah berdoa setelah melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqlal di Jakarta./Reuters-Willy Kurniawan
Jemaah berdoa setelah melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqlal di Jakarta./Reuters-Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah merupakan bulan yang tepat untuk berdoa dan berzikir kepada Allah SWT. Pada bulan ini juga terdapat malam Lailatul Qadar yang dimana ketika diibaratkan sebagai malam yang sama dengan seribu bulan.

Berdoa dan meminta kepada Allah SWT sebenarnya bukan hanya pada bulan Ramadan saja, tetapi pada bulan bulan lainnya juga. Hal itu dijelaskan dalam Al-Quran Surah Al-Mu'min ayat 60.

Wa qaala rabbukum ud'uunii astajib lakum, innalladziina yastakbiruna 'an 'ibaadatii sayad khuluuna jahannama daakhiriin.

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Pada saat berdoa, ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam berdoa. Meskipun pada bulan Ramadan kemungkinan besar doa akan terkabul, tetapi kita harus melakukan beberapa cara ini agar doa kita cepat terkabul.

1. Memuji Allah SWT dan bershalawat nabi

Seperti apa yang dikatakan dalam HR Ahmad :

“Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad).

Dengan menganggungkan dan memuji Allah SWT beserta bershalawat nabi,doa yang kita inginkan insyaallah akan cepat terkabul dan didengar oleh Allah SWT.

2. Berdoa dengan keadaan Khusyuk

Khusyuk merupakan salah satu keadaan dimana kita berfokus kepada ibadah kita tanpa memikirkan duniawi. Khusyuk juga menjadi salah satu faktor dikabulkannya doa – doa yang kita inginkan, seperti yang terdapat dalam Al-Quran Surah Al-Anbiya ayat 90 :

“Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka (selalu) berdo’a kepada Kami dengan berharap dan takut. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk’ (dalam beribadah) [Al-Anbiya: 90].

3. Doa di waktu Mustajab

Dalam islam ada beberapa waktu yang mustajab digunakan untuk berdua, salah satunya adalah seperti malam. Ada beberapa waktu lagi di dalam sepertiga malam itu, dan yang menjadi waktu paling mustajab untuk berdoa adalah pada akhir sepertiga malam.

“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (HR. Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper