Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkes Sarankan Lansia dan Anak-anak Ibadah Salat di Rumah

Pemerintah mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker dan hanya mengisi 50 persen dari kapasitas tempat ibadah.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 14 April 2021  |  16:12 WIB
Pelaksanaan ibadah salat harus mengikuti protokol kesehatan, dengan kapasitas maksimal 50 persen - Bisnis/John Andi Oktaveri
Pelaksanaan ibadah salat harus mengikuti protokol kesehatan, dengan kapasitas maksimal 50 persen - Bisnis/John Andi Oktaveri

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan  mengimbau masyarakat khususnya lansia dan anak-anak untuk menjalankan ibadah di dalam rumah saja.

Himbauan tersebut bertujuan untuk mencegah penularan infeksi virus corona (Covid-19) yang lebih banyak di masyarakat, khususnya di kelompok lansia. Bila, masyarakat hendak melakukan ibadah bersama, maka syaratnya adalah jumlah orang yang beribadah hanya boleh 50 persen saja.

"Kepada masyarakat yang melakukan ibadah di masjid, diimbau tetap menjalan protokol kesehatan ketat. Sementara bagi kelompok rentan seperti lansia dan anak-anak, sebaiknya beribadah di rumah saja guna menghindari penularan Covid-19," seperti dikutip dari Twitter Kemenkes, Rabu (14/4/2021).

Sementara itu, Kementerian Agama meminta masyarakat yang berada di daerah zona oranye dan merah untuk melakukan ibadah Ramadan di rumah masing-masing untuk mencegah penularan Covid-19.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga telah menerbitkan panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri, di antaranya diperbolehkan salat Tarawih, kultum dan salat Id di masjid atau lapangan dengan pembatasan-pembatasan.

"Aturan ini tidak berlaku untuk daerah zona merah dan oranye, silakan dilakukan di rumah masing-masing. Hal ini untuk melindungi kita semua agar selama pandemi kita bisa beribadah dengan tenang dengan baik," ujar Yaqut, Senin (12/4/2021).

Dia menjelaskan bagi mereka yang berada di zona kuning dan zona hijau diperbolehkan melaksanakan ibadah tarawih di masjid atau musala, tetapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan dan hanya 50 persen dari kapasitas tempat ibadah.

kemenkes ibadah sholat salat tarawih taraweh di rumah

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes Virus Corona Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top