Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perbanas Wisuda 834 Mahasiswa

Pada wisuda kali ini Perbanas Institute mewisuda sebanyak 834 lulusan yang terdiri dari: S-2 Magister Akuntansi (8 lulusan), S-1 Akuntansi (276 lulusan), S-1 Manajemen (344 lulusan), S-1 Kelas Internasional (8 lulusan), S-1 Sistem Informasi (38 lulusan), Teknik Informatika (8 lulusan), D-3 Akuntansi Perpajakan (67 lulusan), dan D-3 Keuangan dan Perbankan (41 lulusan).
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 10 April 2021  |  10:30 WIB
Wisuda Perbanas
Wisuda Perbanas

Bisnis.com, JAKARTA - Di usia 52 tahun, Perbanas Institute kembali menggelar acara Wisuda Perbanas Institute tahun 2021 untuk Program Studi Magister (S-2), Sarjana (S-1), dan Diploma (D-3).

Pada wisuda kali ini Perbanas Institute mewisuda sebanyak 834 lulusan yang terdiri dari: S-2 Magister Akuntansi (8 lulusan), S-1 Akuntansi (276 lulusan), S-1 Manajemen (344 lulusan), S-1 Kelas Internasional (8 lulusan), S-1 Sistem Informasi (38 lulusan), Teknik Informatika (8 lulusan), D-3 Akuntansi Perpajakan (67 lulusan), dan D-3 Keuangan dan Perbankan (41 lulusan).

Dengan demikian hingga hari ini, Perbanas Institute telah menghasilkan 35.143 alumni, yang tersebar di berbagai sektor, mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta hingga yang wirausahawan.

Rektor Perbanas Institute, Prof. Dr. Hermanto Siregar, M. Ec. menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada saat ini kita masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama 1 tahun lebih lamanya. Pandemi ini telah membawa perubahan yang signifikan pada pola hidup sehari-hari kita semua, tidak hanya pada bentuk rutinitas keseharian, kondisi serta pertumbuhan ekonomi nasional namun juga pada proses belajar-mengajar yang berlangsung di Dunia Pendidikan, khususnya di perguruan tinggi. Berbagai peraturan pemerintah yang berkaitan dengan protokol kesehatan serta ketentuan penyelenggaraan aktivitas terus berubah dari waktu ke waktu sehingga menuntut kemampuan kita semua untuk dapat beradaptasi dengan cepat.

"Merespon hal tersebut, Perbanas Institute juga terus melakukan penyesuaian dan pembenahan khususnya pada aspek penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Semenjak bulan Maret 2020 hingga saat ini, Perbanas Institute melaksanakan perkuliahan dan berbagai aktivitas layanan dalam mode daring. Hal ini dilakukan dengan dukungan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi serta dengan melakukan berbagai pembenahan pada ranah kebijakan maupun standard operating procedure guna memastikan bahwa kualitas pembelajaran serta layanan tidak akan berkurang meskipun dilaksanakan/diberikan dalam mode daring.

Selain perkuliahan, pelaksanaan  ujian tugas akhir pun dilakukan secara virtual menjadi hal yang baru bagi seluruh sivitas akademika Perbanas Institute.

Dia memaparkan adanya pandemi ini memiliki dampak yang luar biasa terhadap perekonomian Indonesia yang menurun kondisinya setelah pandemi melanda. Hal ini membuat pemerintah harus bekerja keras untuk dapat mengembalikan pertumbuhan ekonomi nasional dengan berbagai cara, seperti rekstrukturisasi kredit, pemberian berbagai insentif hingga program vaksinasi nasional. Peran serta seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk dapat membantu agar berbagai program pemerintah tersebut dapat berjalan dan mencapai apa yang sudah ditargetkan mengembalikan pertumbuhan ekonomi seperti sebelum pandemi melanda.

Geliat pertumbuhan ekonomi nasional memiliki dampak positif bagi kehidupan kita secara umum. Ekonomi yang tumbuh positif menjadi tantangan yang besar agar dapat terwujud, Salah satu cara yang dapat digunakan adalah  peningkatan kualitas sumber daya manusia yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi/hard skill dan soft skill yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Lulusan Perbanas Institute, khususnya yang akan diwisuda pada hari ini, diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut dengan memiliki hard skill dan soft skill yang memadai. Hal ini dapat terlihat dari kemampuan para wisudawan yang tetap dapat menyelesaikan studinya di masa yang penuh dengan tantangan dan ketidakpastian dimasa Covid-19.

Perbanas Institute secara konsisten terus meningkatkan kinerja dalam berbagai aspek. Komitmen Perbanas Institute untuk secara berkelanjutan meningkatkan mutunya terealisasi dengan terus meningkatnya peringkat Perbanas Institute di tingkat nasional yang berdasarkan hasil pemeringkatan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 2020 berada pada peringkat 114 dari 2.136 perguruan tinggi yang melaporkan data kinerjanya (jumlah perguruan tinggi keseluruhan di tahun 2020 adalah 4.592). Hasil ini merupakan capaian terbaik dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. Selain itu, untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, pada tahun 2020 Perbanas Institute berada pada peringkat ke-21 dari 309 (seluruh bentuk) perguruan tinggi, dan pada posisi ke-2 untuk perguruan tinggi berbentuk institut.

Pada tahun 2021 ini Perbanas Institute telah mencanangkan 3 strategic iniatives meliputi: 1) Transformasi Digital Kampus, 2) Peningkatan Kualitas melalui Peningkatan Peringkat Perguruan Tinggi dan Akreditasi, serta 3) Pembukaan serta Peningkatan Program Studi Baru. Transformasi Digital Kampus dilakukan dengan berbagai aktivitas peningkatan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi serta pengembangan berbagai perangkat lunak, khususnya yang berbasis mobile, guna meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh sivitas akademika Perbanas Institute. Selanjutnya, untuk menjamin peningkatan mutu yang berkelanjutan, maka Perbanas Institute juga menjalankan berbagai program untuk terus meningkatkan peringkat nasional dan juga akreditasi serta menyasar perolehan akreditasi internasional pada beberapa program studi yang saat ini telah memiliki peringkat akreditasi A dari BAN-PT. Adapun strategic initiative pembukaan program studi baru merupakan realisasi Perbanas Institute untuk mengantisipasi pergeseran kebutuhan kualifikasi sumber daya manusia kedepannya baik dari sisi bidang ilmu maupun tingkat kualifikasi akademiknya.

Perbanas Institute menargetkan di tahun 2021 ini akan mulai menerima dan menjalankan perkuliahan untuk program studi Sarjana Analitika Data Bisnis (Business Data Analytics), program studi Doktor Manajemen dan melakukan peningkatan program studi Diploma Keuangan dan Perbankan serta Diploma Akuntansi dan Perpajakan menjadi program Sarjana Terapan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbanas wisuda
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top