Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Satgas: Tren Kematian & Positif Covid-19 Naik dalam Sepekan Terakhir

Satgas Covid-19 mencatat kenaikan kasus baru konfirmasi positif Covid-19 dalam sepekan terakhir ini mencapai 6,3 persen
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 08 April 2021  |  18:40 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan terdapat tren yang kurang baik terkait kasus Covid-19 di Indonesia dalam satu pekan terakhir.

Satgas, kata Wiku, sangat menyayangkan terjadinya penambahan kasus positif dan kematian serta penurunan pada kesembuhan dalam periode sepekan terakhir.

Dia memaparkan penambahan kasus baru konfirmasi positif Covid-19 dalam sepekan terakhir mencapai 6,3 persen. Kontribusi terbesar kasus positif berasal dari provinsi Banten yang naik hingga 6.201 kasus dalam sepekan.

"Disusul oleh Kalimantan Selatan sebesar 249 kasus, Riau naik 204 kasus, Sulawesi Selatan naik 94 kasus, dan Bengkulu naik 62 kasus," kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu, angka kematian tercatat naik sebesar 0,9 persen dalam sepekan terakhir. Provinsi Banten kembali berkontribusi paling besar atas meningkatnya kematian.

"Juga dikontribusikan oleh Banten yaitu naik 149 kematian, disusul Jawa Tengah naik 31, Jawa Timur naik 13, Riau naik 9 dan NTB naik 5," jelasnya.

Meski Banten mencatatkan tren kurang baik terkait angka kematian dan kasus positif, provinsi di Barat Pulau Jawa ini juga mencatatkan kontribusi tertinggi terkait angka kesembuhan.

"Meski terjadi penurunan kesembuhan sebesar 7,8 persen pada minggu ini, Banten mengalami peningkatan kasus kesembuhan tinggi yaitu 379 kesembuhan," ujarnya.

Wiku mengatakan adanya peningkatan catatan kasus positif, meninggal, dan sembuh pada provinsi Banten yang berkontribusi cukup besar secara nasional selama sepekan terakhir, terjadi karena proses pencatatan dan laporan data yang masih terus disinkronisasi di pusat dan daerah.

"Kami berharap sinkronisasi pencatatan dan pelaporan dapat berjalan dengan baik, sehingga data yang ada dapat akurat digunakan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan yang efektif dan tepat sasaran," ucap Wiku.

Sementara itu, pada hari ini, Kamis (8/4/2021), kasus konfirmasi positif Covid-19 secara nasional bertambah 5.504 orang sehingga totalnya menjadi 1.552.880 orang.

Untuk kasus sembuh pada hari ini bertambah 7.640 orang sehingga total kasus sembuh hampir menembus 1,4 juta atau tepatnya 1.399.382 orang.

Adapun, kasus yang meninggal pada hari ini bertambah 163 orang sehingga totalnya menjadi 42.227 orang yang meninggal akibat Covid-19. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top