Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyaluran Bansos Tunai Capai 98 Persen, Bulan Depan Rampung

Bantuan sosial tunai tahun ini senilai Rp300.000 per keluarga penerima manfaat setiap bulan sejak Januari-April.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  21:25 WIB
Ketua Tim Pelaksana Program Bantuan Sosial Tunai (BST) PT Pos Indonesia (Persero), Haris (tengah) menyaksikan pendistribusian BST.  - Antara
Ketua Tim Pelaksana Program Bantuan Sosial Tunai (BST) PT Pos Indonesia (Persero), Haris (tengah) menyaksikan pendistribusian BST. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Penyaluran bantuan sosial tunai di seluruh wilayah Indonesia sepanjang 2021 telah mencapai 98 persen. Distribusi kepada tiga wilayah berjalan sesuai rencana. 

“Progres penyaluran Bantuan Sosial Tunai selama tahun 2021 mencapai 98 persen di seluruh wilayah Indonesia. Target kita hingga April bisa tersalurkan 100 Persen ’, kata Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rahmad Djoemadi dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (29/3/2021).

Seperti diketahui, PT Pos Indonesia menerima mandat dari pemerintah untuk menyalurkan bantuans sosial tunai. Setiap KPM menerima Rp300.000 per bulan sepanjang Januari-April 2021. 

Menurut Faizal, bansos tunai adalah sebuah intrumen penting untuk memulihkan ekonomi akibat pandemi Covid-19. “BST ini penting karena merupakan program perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi kerakyatan," kata Faizal. 

Adapun bagi yang ingin mengecek penerima BST dapat mengakses situs dtks.kemensos.go.id.

Setelah masuk ke laman utama, pilih ID Kepesertaan yang dimiliki, misalnya NIK KTP. Ikuti langkah selanjutnya. Setelah itu, muncul keterangan apakah termasuk penerima bansos atau tidak.

Selain melakukan pengecekan secara mandiri, penerima BST Rp300.000 per bulan biasanya juga akan menerima surat undangan dari RT/RW setempat. Surat undangan tersebut wajib dibawa ketika datang ke Kantor Pos untuk mencairkan bantuan bila tidak memiliki rekening bank . Jangan lupa, untuk membawa KTP dan Kartu Keluarga sebagai bukti diri yang sah.

Setelah menunjukkan KTP atau KK serta surat undangan, petugas Kantor Pos akan melakukan pemeriksaan dokumen dengan memindai barcode pada surat undangan. Masyarakat yang terverifikasi akan langsung mendapatkan bansos Rp300.000.

Selain melalui Kantor Pos, pencairan bisa dilakukan melalui ATM, kantor cabang bank Himbara, atau e-warong menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Bagi penerima yang sudah memiliki rekening, BST akan disalurkan ke masing-masing rekening penerima melalui Himbara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt pos indonesia bansos Covid-19
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top