Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Lolos SNMPTN 2021? Tenang, Masih Ada UTBK-SBMPTN-2021

Pendaftaran untuk UTBK masih akan dibuka hingga 1 April 2021, khususnya bagi yang masih menantikan pengumuman SNMPTN.
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Airlangga Surabaya./Antarann
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Airlangga Surabaya./Antarann

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi bakal mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hari ini, Senin (22/3/2021). Namun, apabila tidak lolos, peserta masih bisa berjuang melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN-2021).

Mengutip laman LTMPT, pendaftaran untuk UTBK masih akan dibuka hingga 1 April 2021, khususnya bagi yang masih menantikan pengumuman SNMPTN.

Seleksi ini juga ditujukan bagi lulusan 2019 dan 2020 yang ingin kembali mencoba masuk perguruan tinggi tahun ini. Namun, untuk kategori tersebut, pendaftaran sudah lebih dulu ditutup pada 20 Maret 2021.

Pihak LTMPT menjelaskan, apabila pada pengumuman SNMPTN, peserta dinyatakan diterima, peserta tidak akan bisa mendaftar pada jalur UTBK-SBMPTN 2021.

Sementara itu, peserta SNMPTN 2021 baru bisa mendaftar UTBK-SBMPTN 2021 setelah pengumuman SNMPTN 2021 hari ini.

“Apabila peserta SNMPTN 2021 melakukan pendaftaran sebelum pengumuman dan lolos SNMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali,” tulis Ketua LTMPT Moh Nasih melalui Surat Edaran dikutip Senin (22/3/2021).

Adapun, persyaratan tes UTBK SBMPTN 2021 sebagai berikut:

1. Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS dan TKA Saintek dengan materi ujian Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

2. Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum dengan materi ujian Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

3. Peserta yang akan memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum dengan materi ujian TKA Saintek dan Soshum.

Selain itu, khusus Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja.

Kemudian, siswa diharapkan memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Persyaratan lainnya bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio. Sementara itu, bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tunanetra.

Peserta yang mendaftarkan UTBK dapat membayar biaya UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI dengan ketentuan membayar Rp200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum dan Rp300.000 untuk kelompok ujian Campuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper