Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gugat Jokowi, Ini Permintaan Eks Gubernur Kaltara ke PTUN

Eks Gubernur Kalimantan Utara meminta majelis hakim membatalkan surat pemberhentian Gubernur Kaltara terpilih, Zainal Arifin Paliwang.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  12:00 WIB
Gugat Jokowi, Ini Permintaan Eks Gubernur Kaltara ke PTUN
Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan Prsiden Joko Widodo - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mantan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan Irwan Sabri menggungat Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Irianto Lambrie dan Irwan Sabri adalah pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara. Paslon incumben ini kalah dari pasangan Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Pandan.

Adapun gugatan Irianto - Irwan didaftarkan pada Rabu (10/3/2021) dengan nomor gugatan 61/G/2021/PTUN.JKT.

Dalam petitum gugatannya, Irianto dan Irwan meminta majels hakim mengabulkan gugatan para penggugat untuk seluruhnya. 

Kedua, menyatakan batal atau tidak sah Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 87/POLRI/TAHUN 2020 tentang Pemberhentian Dengan Hormat Perwira Tinggi Polri tertanggal 5 Oktober 2020 khususnya berkaitan dengan Diktum Pemberhentian Dengan Hormat terhadap Perwira Tinggi Polri atas nama  Zainal Arifin Paliwang.

Ketiga, mewajibkan Tergugat untuk mencabut Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 87/POLRI/TAHUN 2020 tentang Pemberhentian Dengan Hormat Perwira Tinggi Polri tertanggal 5 Oktober 2020 khususnya berkaitan dengan Diktum Pemberhentian Dengan Hormat terhadap Perwira Tinggi Polri atas nama Zainal Arifin Paliwang.

Keempat, menghukum Tergugat untuk membayar biaya perkara.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah melantik Zainal dan Yansen sebagai Gubernur dan Walil Gubernur Kalimantan Utara pada akhir Februari lalu.

Irianto - Irwan sendiri telah beberapa kali menggugat kemenangan dari paslon Zainal dan Yansen. Mereka tercatat pernah mengajukan gugatan ke PTUN Samarinda.

Seperti diketahui, hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kalimantan Utara pada 18 Desember 2020 menyatakan Zainal dan Yansen, pasangan calon nomor urut 3, unggul dalam pilkada Kaltara 2020 dan meraih 145.778 suara.

Keduanya unggul atas pasangan nomor dua, Irianto Lambrie – Irwan Sabri yang meraih 109.968 suara dan paslon nomor urut 1 Udin Hiangio - Undunsyah yang memperoleh 62.143 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Gubernur Kalimantan Utara Pilkada 2020
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top