Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Lantik 9 Anggota Ombdusman Periode 2021-2026, Ini Profilnya

Pengangkatan sembilan anggota Ombudsman ini tertuang dalam Keputusan RI No.36P/2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia Masa Jabatan 2021 - 2026.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  12:41 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam Puncak Acara Peringatan hari Sumpah Pemuda Ke 92 dan Peresmian TVRI Stasiun Papua Barat yang ditayangkan secara virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 28 Oktober 2020 / BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam Puncak Acara Peringatan hari Sumpah Pemuda Ke 92 dan Peresmian TVRI Stasiun Papua Barat yang ditayangkan secara virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 28 Oktober 2020 / BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Sembilan Anggota Ombudsman RI periode 2021 - 2026 telah mengucapkan sumpah janji jabatan di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2/2021).

Pengangkatan sembilan anggota Ombudsman ini tertuang dalam Keputusan RI No.36P/2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia Masa Jabatan 2021 - 2026.

Kesembilan anggota Ombudsman adalah Mokh. Najih sebagai ketua, Bobby Hamzar Rafinus (wakil ketua), Dadan Suparjo Suharmawijaya (anggota), Hery Susanto (anggota).

Kemudian, Indraza Marzuki Rais sebagai anggota, Jemsly Hutabarat (anggota), Johanes Widijantoro (anggota), Robertus Na Endi Jaweng (anggota) dan Yeka Hendra Fatika ditunjuk sebagai anggota.

Adapun, Mokh.Najih yang merupakan Ketua Ombudsman RI 2021 - 2026 merupakan dosen di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dia telah menempuh pendidikan doktoral dengan bidang keilmuan Ilmu Hukum. Di Kampus, Mokh. Najih mengampu Ketua Magister Ilmu Hukum di UMM.

Sementara itu, Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzar Rafinus merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dia juga didapuk sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Daerah di kementerian tersebut pada Mei 2020.

Kemudian, Dadan Suparjo Suharmawijaya merupakan anggota Ombudsman pada periode 2016 - 2021. Dadan yang diketahui sebagai peneliti dan konsultan tata pemerintahan & layanan publik ini menempuh pendidikan Sarjana S1 Ilmu Politik di Universitas Airlangga pada tahun 2000. Lalu pada 2012 melanjutkan pendidikan Magister pascasarjana S2 di konsentrasi Ilmu yang sama, di Universitas Airlangga.

Dia selama ini menjabat sebagai Wakil Direktur Eksekutif JPIP, Presidium Nasional University Network for Fair and Free Election (UNFREL), Sekjen Masyarakat Kota Surabaya, Sekretaris Asosiasi LSM Jatim dan Sekretaris Lakpesdam NU Jatim dari tahun 2008 hingga 2013, Tim Pakar Evaluasi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan menjadi Anggota Working Group Jabatan Fungsional Pengawas Pelayanan Publik KemenPAN-RB.

Selanjutnya, Anggota Ombdusman RI 2021-2026, Hery Susanto diketahui berasal dari kalangan swasta. Dia sebelumnya menjadi Direktur Operasi PT Grage Nusantara Global. Perusahaan tersebut bergerak di jasa konstruksi.

Kemudian, Indraza Marzuki Rais merupakan perwakilan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebelum menjadi anggota Ombudsman, dia telah menjabat sebagai Kepala SPI PT Perikanan Nusantara (Persero).

Sementara itu, empat Anggota Ombudsman RI periode 2021 - 2026 lainnya antara lain adalah Jemsly Hutabarat yang merupakan pegawai PT GMF Aeroasia; Johanes Widijantoro yang merupakan dosen Universitas Atma Jaya; Robertus Na Endi Jaweng merupakan peneliti Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) dan Yeka Hendra Fatika yang merupakan Ketua Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi/Pataka).

Berikut ini nama-nama Anggota Ombdusman RI 2021 - 20216:

1. Mokh. Najih (ketua)

2. Bobby Hamzar Rafinus (wakil ketua)

3. Dadan Suparjo Suharmawijaya (anggota)

4. Hery Susanto (anggota)

5. Indraza Marzuki Rais (anggota)

6. Jemsly Hutabarat (anggota)

7. Johanes Widijantoro (anggota)

8. Robertus Na Endi Jaweng (anggota)

9. Yeka Hendra Fatika (anggota)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi ombudsman
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top