Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 Melandai, Menkes: Efek Vaksinasi Belum Terasa

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi baru akan terlihat efeknya dua pekan setelah vaksinasi kedua selesai.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  16:12 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa tren penurunan kasus harian bukan disebabkan dari adanya vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, vaksinasi baru akan terlihat efeknya dua pekan setelah vaksinasi kedua selesai. Belum lagi, saat ini yang varu dapat vaksinasi tahap kedua hanya tenaga kesehatan.

“Karena tahap pertama baru dilakukan, kesimpulan baru bisa diambil dengan hanya mengamati data nakes. Ini baru bisa diambil minimal 2 minggu setelah suntikan kedua,” kata Budi pada konferensi pers, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya, jika suntikan belum dilakukan ke masyarakat umum, kesimpulan adanya dampak vaksinasi pada pandemi belum bisa diambil apalagi dampaknya terkait dengan penurunan laju penularan di masyarakat umum.

“Tapi dari semua nakes setelah divaksinasi memang kasus konfrimasinya trennya menurun,” imbuhnya.

Budi mengatakan masih menunggu kelengkapan data untuk mengambil kesimpulan pasti. Namun, trennya sampai saat ini sudah lebihdari 1,1 juta nakes dan 500.000 nakes yang vaksin kedua, Menkes melihat ada tren yang menjanjikan.

Sebagai informasi, dalam dua pekan terakhir terjadi tren penurunan jumlah kasus harian. Kendati demikian, jika dilihat dari positivity rate atau angka konfirmasi positif dibandingkan dengan jumlah tes, mengalami kenaikan tajam.

Menkes menyebut penyebabnya masih belum jelas, bisa karena jumlah tes yang kurang, karena lab belum disiplin melapor, atau karena memang ada dampak positif dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budi gunadi sadikin kemenkes Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top