Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapan Pandemi Covid-19 di RI Berakhir? Ini Kata Menkes BGS

Indonesia menyentuh positivity rate tertinggi pada 16 Februari 2021 yaitu 38,34 persen, sedangkan jumlah spesimen yang diperiksa anjlok.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  15:47 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada Rakorpim di Kemenkes, Rabu, 23 Desember 2020 / Dok. Kemenkes
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada Rakorpim di Kemenkes, Rabu, 23 Desember 2020 / Dok. Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA - Melihat angka positivity rate yang masih tinggi, di atas 30 persen, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan belum berani menarik kesimpulan terkait kapan pandemi akan berakhir.

“Sekarang masih terlalu dini memberikan kesimpulan kapan kita selesai karena data positivity rate kita abnormal, tinggi sekali, sehingga ada hipotesa yang harus kita cek dan pastikan,” kata Menkes dalam keterangan pers, Rabu (17/2/2021).

Indonesia menyentuh positivity rate tertinggi pada 16 Februari 2021 yaitu 38,34 persen, sedangkan jumlah spesimen yang dites anjlok.

Budi mengatakan masih akan memeriksa beberapa hal mengenai turunnya kasus dan tingginya positivity rate, antara lain berkoordinasi dengan rumah sakit yang belum disiplin melaporkan kasus, membenahi sistem pelaporan melalui aplikasi, dan memperbanyak testing menggunakan rapid antigen.

“Dengan masuknya data-data ini akan kelihatan PR yang sebenarnya, baru dari situ kita bisa mengambil kesimpulan,” ujarnya.

Adapun, dengan keputusan memasukkan data rapid antigen pada hasil tes harian, Budi mengatakan ada kemungkinan kasus, tapi akan memunculkan gambaran positivity rate yang lebih jelas.

“Saat ini di aplikasi pelaporan awal hanya bisa menampung data PCR. Sekarang lewat Permenkes Antigen kalau positif bisa kita masukan sebagai konfirmasi positif. Sistem sudah disiapkan, sedang dites, kami harapkan minggu ini hasil antigen sudah bisa masuk laporan harian kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengharapkan Indonesia bisa “merdeka” dari pandemi Covid-19 pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2021 mendatang.

Hal ini dijelaskannya, berkaca pada penurunan angka kasus aktif atau orang yang dalam perawatan Covid-19 yang mengalami penurunan dalam sepekan terakhir atau selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 pandemi corona Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top