Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatian! Hujan Lebat dan Banjir Masih Bisa Terjadi di Daerah Ini

Sejumlah daerah masih berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Februari 2021  |  15:43 WIB
Ilustrasi - Petugas Damkar Sektor IX Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan mengevakuasi warga Kelurahan Pejaten Timur, Kota Jakarta Selatan menggunakan perahu karet, Senin (8/2/2021). - Antara
Ilustrasi - Petugas Damkar Sektor IX Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan mengevakuasi warga Kelurahan Pejaten Timur, Kota Jakarta Selatan menggunakan perahu karet, Senin (8/2/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Potensi hujan lebat yang bisa menyebabkan banjir masih berpotensi terjadi di sejulamh daerah di Indonesia.

Hal itu disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam peringatan dini terkait potensinya hujan lebat berlaku sejak 9 hingga 11 Februari 2021.

Sejumlah daerah masih berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Harry T Djatmiko di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Daerah dimaksud antara lain Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan.

Hal serupa berpotensi terjadi di Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua.

Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di daerah-daerah tersebut pada 10 hingga 11 Februari kecuali Aceh dan Sumatra Utara.

Adapun, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada 9 Februari yaitu DKI Jakarta, Maluku Utara dan Papua Barat.

Pada 10 Februari, kondisi yang sama berpotensi terjadi di Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah hingga 11 Februari, juga termasuk di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan potensi hujan dan hujan lebat di sejumlah daerah tersebut, perlu diwaspadai adanya dampak banjir maupun banjir bandang yang dapat berpotensi.

Hal itu dapat terjadi di Banten (siaga), Jawa Barat (siaga), Jawa Tengah (siaga), Jawa Timur (siaga), Aceh (waspada), Sumatra Utara (waspada), Jambi (waspada), Bengkulu (waspada), Sumatra Selatan (waspada), Lampung (waspada).

Begitu juga dengan wilayah DKI Jakarta (waspada), DI Yogyakarta (waspada), Bali (waspada), Nusa Tenggara Barat (waspada), Kalimantan Utara (waspada), Kalimantan Timur (waspada), Kalimantan Tengah (waspada), Kalimantan Selatan (waspada), Nusa Tenggara Timur (waspada), Sulawesi Tengah (waspada), Sulawesi Selatan (waspada) dan Papua (waspada).

Sebelumnya BMKG telah memprakirakan puncak musim hujan terjadi pada Januari-Februari 2021, disertai dengan fenomena La Nina dan sejumlah fenomena lainnya yang berdampak pada terjadinya cuaca ekstrem.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir BMKG La Nina

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top