Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suara Dentuman di Malang, BMKG Sebut Tak Ada Anomali Seismik

Dentuman terjadi hingga Rabu pagi ini. Bahkan suara dentuman misterius itu kabarnya sempat menggetarkan kaca - kaca rumah dan membuat warga keluar rumah.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  07:51 WIB
Catatan seismik BMKG
Catatan seismik BMKG

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Malang Jawa Timur dikabarkan mendengar adanya suara dentuman misterius yang terjadi sejak Selasa malam (2/2/2021) sekitar pukul 23.40 WIB.

Dentuman terjadi hingga Rabu pagi ini. Bahkan suara dentuman misterius itu kabarnya sempat menggetarkan kaca - kaca rumah dan membuat warga keluar rumah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan BMKG wilayah Malang tidak mencatat adanya anomali seismik dalam rentang waktu terdengarnya suara dentuman itu.

"Untuk teman-teman di Malang yang melaporkan pada pukul 00.50 WIB – 1.18 WIB dan pukul 03.00 WIB – 03.22 WIB mendengar suara dentuman misterius, ini catatan sensor BMKG di Pandaan (MLJI) tidak mencatat anomali seismik," tulisnya di akun twitternya. 

Dia sendiri tidak memaparkan penyebab dan sumber misterius itu.

Namun, Daryono mengatakan sumber suara dentuman itu bnyk, bisa shockwave meteorit, shockwave gunung api, shockwave pesawat supersonik, bahan peledak, longsoran tanah skala luas, gempa sangat dangkal, dan thunderstorm.

"Semua itu bisa menjadi penyebab munculnya suara dentuman. Masyarakat jangan panik apalagi kaitkan dengan hal-hal supranatural," tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG ledakan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top