Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Saran Kemenkes soal Penggunaan dan Perawatan Masker Kain

Melalui akun Twitter resminya, Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat tidak sekadar menggunakan masker, tetapi juga memilih, memakai dan merawat masker dengan benar.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 30 Januari 2021  |  18:32 WIB
Ilustrasi - Masker kain Aruna - Istimewa
Ilustrasi - Masker kain Aruna - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan masker telah menjadi hal wajib bagi masyarakat Indonesia dan juga dunia di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 yang masih mewabah.

Melalui akun Twitter resminya, @KemenkesRI, Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat tidak sekadar menggunakan masker, tetapi juga memilih, memakai dan merawat masker dengan benar.

"Agar penggunaan masker efektif untuk melindungi diri, maka harus dipakai dengan baik & benar," demikian cuitan akun Twitter resmi Kemenkes itu, Sabtu (30/1/2021) 16.57 WIB.

Melelui unggahan itu, Kemenkes menyatakan bahwa WHO sendiri telah mendorong pemerintah di seluruh dunia untuk menganjurkan masyarakatnya memakai masker non medis saat beraktivitas di luar rumah sebagai bagian dari pendekatan komprehensif dalam mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Masker yang direkomendasikan untuk masyarakat, setidaknya harus memiliki 3 lapisan kain. "Ingat ya jangan pakai buff dan masker scuba. Selain hanya memiliki satu lapisan kain, ketika masker ditarik pori-porinya akan terbuka lebar, sehingga ini tidak memenuhi syarat!" tegas Kemenkes.

Kemenkes menyebutkan bahwa masker kain bisa dicuci dan digunakan kembali. Namun, penggunaan, penyimpanan dan perawatan masker kain harus benar.

Penggunaan masker kain disarankan maksimal 4 jam, setelah itu diganti dengan yang baru atau yang bersih. Masker kain, tulis akun itu, juga harus segera diganti ketika basah dan lembab.

Oleh karena itu, Kemenkes menyarakan masyarakat untuk membawa masker cadangan dalam beraktivitas. Penggunaan masker juga harus tepat agar berfungsi efektif penggunaanya yakni dengan menutup hidung sampai dagu, tidak menaik turunkan masker, tidak menyentuh bagian depan masker setelah digunakan beberapa saat.

"Cara melepas masker cukup dengan menarik bagian tali dan langsung disimpan ke kantong kertas atau plastik tertutup guna mencegah penyebaran virus ke barang di sekitarnya. Lalu setibanya di rumah, segera cuci hingga bersih," demikian tulis Kemenkes.

Kemenkes mengingatkan pula bahwa penggunaan masker bukanlah satu-satunya cara agar masyarakat terhindar dari penularan Covid-19. Permakaian masker harus berjalan beriringan dengan protokol kesehatan lainnya seperti mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes masker Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top