Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Pendidikan Singapura Bilang Pandemi Corona Akan Berlangsung 4-5 Tahun Lagi

Menteri Pendidikan Singapura Lawrence Wong juga mengatakan vaksin yang saat ini digunakan mungkin tidak terlalu efektif melawan strain virus yang bermutasi dan mungkin perlu beberapa modifikasi.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  08:47 WIB
Patung Merlion berdiri di depan gedung-gedung pencakar langit di Singapura, Selasa (24/3/2020). - Bloomberg/Wei Leng Tay
Patung Merlion berdiri di depan gedung-gedung pencakar langit di Singapura, Selasa (24/3/2020). - Bloomberg/Wei Leng Tay


Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Singapura Lawrence Wong berspekulasi bahwa pandemi virus Corona bisa berakhir empat atau lima tahun lagi.

“Pada suatu saat pandemi akan berlalu, tetapi mungkin butuh empat hingga lima tahun sebelum akhirnya kita melihat akhir pandemi dan dimulainya normal pasca-Covid. Seperti apa dunia baru pasca-Covid-19 ini? Tidak ada yang tahu," kata Wong saat berbicara di konferensi Perspektif Singapura 2021 dikutip dari Channel News Asia, Senin (25/1/2021).

Dia menambahkan bahwa setelah Covid-19, protokol memakai masker dan menjaga jarak sosial akan berlanjut tahun ini dan mungkin tahun depan.

“Selain itu, ketersediaan vaksinasi Covid-19 akan secara bertahap memulai kembali perjalanan global, tetapi mendapatkan vaksinasi dunia tidak akan cepat atau mudah,” katanya selama konferensi.

Dikutip dari The Hindu Business Line, pemerintah Singapura telah merencanakan untuk menyuntik semua orang di negara itu pada kuartal ketiga tahun 2021. Namun, Wong mengatakan bahwa mungkin ada beberapa rintangan dalam implementasinya.

Dia melihat vaksin yang saat ini digunakan mungkin tidak terlalu efektif melawan strain virus yang bermutasi dan mungkin perlu beberapa modifikasi.

“Dalam skenario positif, ini berarti vaksin menjadi seperti suntikan flu tahunan ... atau mungkin kami mengembangkan vaksin yang bekerja untuk semua jenis. Namun dalam kasus terburuk, kami selalu berada di belakang virus yang berkembang, dan Anda tidak keburu waktu,” katanya.

“Jadi, masih ada ketidakpastian yang luar biasa di depan kita. Dan intinya, kita hidup di dunia bersama dan tidak ada yang aman sampai semua orang aman,” tambahnya.

Wong mengatakan bahwa masa depan pasca pandemi akan menjadi semacam 'pembaruan perangkat lunak' atau 'reboot' untuk warga Singapura.

“Kita harus mengatur ulang kesepakatan sosial kita untuk muncul sebagai masyarakat yang lebih adil dan setara. Pandemi mungkin tidak pandang bulu tentang siapa yang menginfeksinya tetapi dampaknya sama sekali tidak setara. Faktanya, hal itu telah memperlebar jurang antara si kaya dan si miskin,” ujarnya.

Dia mengatakan Singapura akan melakukan perubahan permanen menuju penguatan lebih lanjut dalam hal jaring pengaman sosial. Langkah ini dilakukan untuk melindungi mereka yang kurang beruntung dan rentan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura Virus Corona Vaksin Covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top