Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lokasi Pengungsian Rawan Penularan Covid-19, Pemda Diminta Siaga

Pemerintah daerah terdampak dengan didukung pemerintah pusat diharapkan dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah penularan Covid-19 di tempat pengungsian.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  20:14 WIB
Sejumlah warga mengungsi di dataran tinggi di Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (15/1/2021). Untuk menghindari terjadinya gempa bumi susulan sebagian warga mencari tempat pengungsian tinggi dan aman. - ANTARA FOTO/Akbar Tado
Sejumlah warga mengungsi di dataran tinggi di Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (15/1/2021). Untuk menghindari terjadinya gempa bumi susulan sebagian warga mencari tempat pengungsian tinggi dan aman. - ANTARA FOTO/Akbar Tado

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan pemerintah daerah di wilayah terdampak bencana alam untuk siap siaga karena lokasi pengungsian rentan penularan Covid-19.

“Di masa pendemi yang secara nasional telah mencatatkan 917.015 kasus terkonfirmasi, daerah yang sekaligus berada di zonasi merah dan kuning harus melakukan persiapan yang lebih mengingat laju penularan yang tinggi dimana pengungsian sebagai daerah yang riskan terjadinya penularan,” ujarnya dalam konferensi pers, seperti dikutip dari BNPB, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut, dia berharap pemerintah daerah terdampak yang didukung pemerintah pusat, dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah penularan Covid-19 di tempat pengungsian.

Selain itu, Wiku juga menyampaikan bahwa dalam catatan BNPB, pada 1-18 Januari 2021, sebanyak 154 bencana alam terjadi di Indonesia seperti banjir, angin ribut, dan longsor.

“Dari sekian banyak bencana alam sudah merengut 140 korban jiwa dan 776 orang luka-luka,” kata Wiku.

Dia juga mengapresiasi para relawan yang ikut membantu para korban bencana alam, selain mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat penambahan 10.365 kasus konfirmasi positif virus Corona (Covid-19) pada Selasa (19/1/2021). Dengan demikian, total kasus positif menembus angka 927.380 orang.

Untuk kasus sembuh dari Covid-19, Satgas mencatat adanya penambahan 8.013 orang pada hari ini sehingga totalnya menjadi 753.958 orang yang sembuh dari Covid-19.

Adapun, kasus meninggal akibat Covid-19 bertambah 308 orang. Dengan begitu, totalnya menjadi 26.590 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bencana alam Virus Corona Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top