Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

YouTube Hapus Konten dan Larang Pengunggahan di Channel Milik Donald Trump

YouTube memberikan teguran pertama terhadap channel milik Trump serta melarangnya mengupload konten baru selama tujuh hari.
Logo Video Youtube
Logo Video Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - YouTube menghapus konten baru di channel milik Presiden AS Donald Trump menyusul kekhawatiran terhadap potensi kekerasan setelah kerusuhan di Capitol AS pekan lalu.

Dilansir dari Bloomberg, YouTube memberikan teguran pertama terhadap channel milik Trump serta melarangnya mengupload konten baru selama tujuh hari. Namun, YouTube tidak memberikan rincian mengenai video yang memicu pelanggaran tersebut.

Situs streaming populer yang dimiliki oleh induk Google, Alphabet Inc., tersebut juga mengatakan akan menonaktifkan komentar di channel tanpa batas waktu karena pertimbangan keamanan.

Platform media sosial lainnya, termasuk Twitter Inc. dan Facebook Inc., telah mengambil langkah-langkah untuk menangguhkan presiden AS. Twitter memblokir akun Trump secara permanen, sedangkan Facebook dan Instragram memblokir akunnya hingga pelantikan Joe Biden.

“Setelah ditinjau, dan karena khawatir tentang potensi kekerasan yang sedang berlangsung, kami menghapus konten baru yang diupload ke channel Donald J. Trump karena melanggar kebijakan kami. Sekarang menerima teguran pertama dan untuk sementara tidak dapat mengupload konten baru selama *minimal* 7 hari,” ungkap YouTube di akun Twitter @YouTubeInsider, Rabu (13/1/2021).

Sejumlah platform online telah berjuang untuk mencapai keseimbangan antara reaksi yang tumbuh terhadap situs mereka setelah aksi kekerasan minggu lalu, yang banyak dianggap telah dihasut dan diorganisir melalui posting media sosial, dan menentang kritik dari pendukung kebebasan berbicara karena melakukan sensor.

Twitter baru-baru ini memblokir lebih dari 70.000 akun yang dianggap didedikasikan untuk mendistribusikan teori konspirasi QAnon, sementara Facebook mengatakan memblokir frasa "hentikan pencurian" yang digunakan oleh mereka yang berpendapat bahwa pemilihan presiden November 2020 tidak sah.

YouTube lebih ragu-ragu untuk menangguhkan akun Trump daripada layanan media sosial lainnya. Hal ini karena YouTube memiliki kebijakan tiga kali teguran untuk mengatur konten. Teguran pertama membatasi upload baru setidaknya selama seminggu, sedangkan teguran kedua dalam waktu 90 hari sejak teguran pertama akan menyebabkan penangguhan selama dua minggu. Channel Trump baru akan dihapus jika mendapat teguran ketiga.

Menyusul pengumuman YouTube, Gab, situs jejaring sosial yang populer dengan kelompok sayap kanan, mengatakan tengah melakukan backup terhadap video Trump dan akan mempostingnya di platformnya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper