Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Jadwal Lengkap Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Vaksinasi vaksin Covid-19 di Indonesia dimulai. Cek jadwal lengkap vaksinasi di sejumlah daerah di Indonesia.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  16:58 WIB
Seorang pasien menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 saat simulasi pemberian vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja
Seorang pasien menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 saat simulasi pemberian vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksinasi vaksin Covid-19 telah mulai dilakukan oleh pemerintah pusat, Rabu (13/1/2021). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin hasil kerja sama PT Bio Farma (Persero) dengan Sinovac tersebut. 

Seremonial vaksin perdana itu menjadi penanda bahwa daerah-daerah lain di Indonesia juga akan mulai mendistribusikan vaksin kepada penerima yang telah terdaftar dan lulus kriteria. Pada termin pertama tahap awal, sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan, pemerintah pusat telah menyiapkan 1,2 juta dosis vaksin untuk sejumlah daerah.

Sebanyak 14 provinsi menjadi prioritas dengan mempertimbangkan jumlah kasus Covid-19 yang tinggi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Riau, Sumatra Barat, Sumatera Utara, Bali, dan Papua.

Berikut beberapa daerah yang akan melakukan vaksinasi tahap I termin I di Indonesia yang dihimpun Bisnis pada Rabu (13/1/2021).

1. DKI Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan vaksinasi di wilayah DKI Jakarta akan dimulai jelang akhir pekan ini atau Jumat (15/1/2021). Vaksinasi mundur satu hari lantaranbanyak dari tokoh yang akan divaksinasi menjalankan ibadah puasa.

Tahap pertama vaksinasi di DKI Jakarta akan diberikan kepada tenaga kesehatan, para tokoh dari Pemprov DKI, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan unsur dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan juga wakilnya A. Riza Patria tidak akan mendapatkan vaksin pada tahap ini, lantaran keduanya pernah terinfeksi virus Covid-19.

2. Jawa Barat
Provinsi Jawa Barat pada tahap pertama akan mendapat alokasi 97.080 dosis vaksin yang rencananya akan didistribusikan ke tujuh daerah. Di antaranya kota Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Cimahi, kabupaten Bandung, dan kabupaten Bandung Barat.

Vaksinasi akan dilakukan mulai besok, Kamis (14/1/2021), untuk tenaga kesehatan serta 10 pejabat publik esensial. Di lingkungan pemerintah daerah, Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulum akan menjadi orang pertama yang disuntik.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebelumnya telah menjadi relawan uji klinis fase ketiga vaksin Covid-19 di Indonesia.

3. Daerah Istimewa Yogyakarta
Pemda DIY mulai melakukan vaksinasi pada hari ini Rabu (13/1/2021). Sebanyak 22.070 dosis vaksin telah di distribusikan ke Jogja dan Sleman.

DIY diketahui menerima 26.800 dosis vaksin yang kemudian menyisakan 4.730 dosis lagi untuk tahap I termin I. Sisa vaksin ini masih disimpan sembari menunggu tambahan dan arahan kementerian berikutnya.

4. Jawa Tengah
Vaksinasi vaksin Covid-19 tahap pertama di Jawa Tengah akan dimulai Kamis (14/1/2021). Daerah yang akan mendapatkan distribusi vaksin adalah  kota Semarang, kabupaten Semarang, dan kota Solo.

Jateng mendapatkan 62.560 dosis vaksin yang akan diberikan kepada 31.255 tenaga kesehatan. Mereka akan mendapatkan masing-masing dua dosis vaksin yang diberikan dalam kurun waktu 14 hari.

5. Jawa Timur
Terdapat 77.760 dosis vaksin yang akan diberikan kepada tenaga kesehatan pada tahap pertama vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur. Vaksinasi akan dilakukan esok hari Kamis (14/1/2021) di RSUD Dr. Soetomo. Selain tenaga kesehatan, vaksin juga akan diberikan kepada tokoh agama, dan civitas akademika untuk memberikan keteladanan langsung kepada masyarakat.

6. Kalimantan Timur
Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi menyatakan provinsi ini siap melaksanakan vaksinasi Besok, Kamis (14/1/2021).Pada tahap pertama ini, vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan di rumah sakit kota Samarinda dan kabupaten Kutai Kartanegara. Saat ini Kaltim sudah menerima vaksin sebanyak 25.520 dosis.

7. Sulawesi Selatan
Provinsi Sulsel mendapatkan jatah 66.640 dosis vaksin yang akan disuntikkan Kamis (14/1/2021). Selain diberikan kepada tenaga kesehatan, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan 13 tokoh di Sulsel juga akan menerima vaksin.

8. Riau
Pemprov Riau akan melaksanakan vaksinasi vaksin Covid-19 pada Kamis (14/1/2021) untuk 14 tokoh publik di RSUD Arifin Achmad. Sementara itu untuk Gubernur Riau Syamsuar dan wakilnya Edy Natar Nasution tidak akan menerima vaksin dikarenakan usia mereka telah lewat dari batas syarat vaksinasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Covid-19 Sinovac Vaksin Covid-19
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top