Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konflik dengan China, Eksportir Australia Intip Pasar Baru

Para eksportir dari Australia tengah mengintip peluang mengalihkan ekspor produk pertaniannya ke beberapa negara pasar baru dari China, setelah adanya konflik kedua negara tersebut.
Ladang gandum/
Ladang gandum/

Bisnis.com, JAKARTA – Ketegangan hubungan bilateral Australia dan China yang memuncak membuat pertanian negeri Kangguru dilanda penurunan ekspor dalam beberapa bulan terakhir.

Australia adalah salah satu pengekspor utama dunia untuk bahan pokok global yang digunakan dalam segala hal mulai dari roti hingga pasta dan kue

Tahun ini negara itu berada di jalur yang tepat untuk memanen tanaman terbesar kedua yang pernah ada, lebih dari 30 juta ton setelah hujan deras turun dengan deras.

Pasokan ekspor yang meningkat dari Australia dan gangguan cuaca di bagian lain dunia berarti bahwa pembeli utama di kawasan ini termasuk Indonesia, Thailand, dan Vietnam kemungkinan besar akan kembali membeli produk dari Negeri Kanguru, menurut Andrew Whitelaw,  analis pertanian di Thomas Pasar Elder di Melbourne.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami tidak memiliki volume untuk memenuhi permintaan Asia Tenggara,” kata Whitelaw seperti dikutip Bloomberg, Senin (11/1/2021).

Dengan cuaca kering yang terjadi di beberapa wilayah memukul pertumbuhan utama di belahan bumi utara, pasokan global yang lebih ketat menguntungkan Australia.

“Jika keadaan tetap buruk di Rusia, maka kita berbicara tentang panen yang akan berkurang. Itu menciptakan pembukaan penjualan gandum Australia kepada importir besar di Afrika Utara dan Timur Tengah," katanya.

Pasar tersebut biasanya dipasok oleh Rusia dan Eropa, dan Australia biasanya tidak menjual ke sana karena biaya pengiriman yang lebih tinggi. Tetapi Rusia sekarang telah memberlakukan pajak atas ekspor, menciptakan peluang untuk gandum kompetitif dari pengirim lain.

“Pasar gandum didasarkan pada harga di mana pun di dunia. Saat ini kami mendapatkan gandum yang sangat murah, "kata Whitelaw.

Sementara industri tampaknya telah menghindari pukulan publik yang besar dari pertengkaran antara Beijing dan Canberra, ada tanda-tanda mungkin muncul di bawah permukaan. China hanya membeli 888 ton dari Australia pada November, terendah sejak 2011, menurut data bea cukai yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Dalam hal panen, menurutnya, memindahkan volume besar tahun ini dapat menimbulkan tantangan. Kapasitas yang diperpanjang bisa berarti pedagang kurang bersedia membeli biji-bijian dalam jangka pendek, jika persediaan berlimpah tersedia di jalurnya.

Harga gandum berjangka di Chicago turun 0,9 persen pada hari ini, penurunan hari keempat dan penurunan lebih lanjut dari penutupan tertinggi enam tahun di US$ 6,54 per gantang yang dicapai pada 5 Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper