Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desainer Legendaris Pierre Cardin Meninggal di Usia 98 Tahun

Keluarga Cardin menyampaikan kabar duka kepada Agence France-Presse bahwa sang desainer meninggal di rumah sakit di Neuilly, dekat Paris. Sayangnya, belum ada paparan lebih lanjut terkait dengan penyebab kematiannya. 
Pierre Cardin di kantornya di Paris pada tahun 2016/ Bloomberg
Pierre Cardin di kantornya di Paris pada tahun 2016/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Desainer asal Prancis Pierre Cardin meninggal dunia di usia 98 tahun. Kabar duka ini diumumkan oleh Fine Arts Academy di Twitter, pada Selasa (29/12/2020).

Dikutip dari The Guardian, Keluarga Cardin memberi tahu Agence France-Presse bahwa sang desainer meninggal di rumah sakit di Neuilly, dekat Paris. Sayangnya, belum ada paparan lebih lanjut terkait dengan penyebab kematiannya. 

Cardin terkenal karena desainnya yang berani dan bergaya ruang angkasa di akhir 1950-an. Dianggap baik oleh dunia haute couture Paris, dia kemudian mendandani tokoh-tokoh tahun 60-an seperti Elizabeth Taylor, Brigitte Bardot hingga The Beatles, yang jaket radikal tanpa kerahnya terinspirasi oleh Cardin dan dikenakan di The Ed Sullivan Show.

Cardin lahir pada tanggal 7 Juli 1922, di sebuah kota kecil dekat Venesia, Italia, dari keluarga kelas pekerja yang sederhana. Ketika dia masih kecil, keluarganya pindah ke Saint Etienne di Prancis tengah, tempat Cardin disekolahkan dan magang menjadi penjahit pada usia 14 tahun.

Dilansir oleh CBS7, Cardin kemudian menerima status sebagai pria yang berusaha sendiri. Dalam wawancara TV tahun 1970, dia mengungkapkan bahwa dirinya berdiri sendiri dan kondisi ini membuat dirinya melihat kehidupan dengan cara yang jauh lebih nyata, serta membentuk dirinya lebih berani dalam mengambil keputusan.

“Jauh lebih sulit untuk memasuki hutan yang gelap sendirian daripada saat Anda sudah mengetahui jalannya,” katanya.

Setelah pindah ke Paris, dia bekerja sebagai asisten di House of Paquin mulai tahun 1945 dan juga membantu merancang kostum untuk pembuat film seperti Jean Cocteau. Dia terlibat dalam pembuatan kostum untuk sutradara hit tahun 1946, 'Beauty and the Beast'.

Kutipan di situs web labelnya menyimpulkan filosofinya: "Pakaian yang saya sukai adalah pakaian yang saya buat untuk kehidupan yang belum ada, dunia masa depan."

Nama Cardin sendiri telah memunculkan ribuan produk, mulai dari jam tangan hingga seprai. Di masa kejayaan merek tersebut, barang-barang dengan tanda kursif mewahnya dengan namanya dijual di sekitar 100.000 gerai di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper