Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minum Kopi Bisa Cegah dan Sembuhkan Covid-19? Ini Faktanya

KPCPEN pun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan informasi yang menyesatkan dan selalu meneliti terlebih dahulu sumber informasi yang didapatkan terkait Covid-19.
Kopi rempah/Istimewa
Kopi rempah/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah postingan di media sosial twitter dan facebook menyebutkan bahwa kopi dalam dosis tertentu berpotensi mencegah Covid-19 dengan cara menghambat virus Corona menempel pada sel seseorang. Benarkah demikian?

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengungkapkan bahwa faktanya kopi atau kafein belum terbukti efektif dan aman untuk mengobati Covid-19.

"Sementara itu, WHO menyatakan sampai saat ini tidak ada obat khusus yang direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati Covid-19," tulis KPCPEN pada akun instagram @lawancovid19_id, Sabtu (12/12/2020).

KPCPEN pun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan informasi yang menyesatkan dan selalu meneliti terlebih dahulu sumber informasi yang didapatkan dan dicek kebenarannya sebelum disebarkan ke pihak lainnya.

Untuk mendapatkan informasi yang akurat, masyarakat dapat mengikuti kanal-kanal informasi Covid-19 yang terpercaya mulai dari website covid19.go.id dan aku instagram @lawancovid19_id. 

Sebelumnya, WHO membagikan tips untuk menghadapi infodemik yang dinilai turut menjadi tantangan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

Infodemik menjadi tantangan karena mengarah pada informasi berlebih akan sebuah masalah, sehingga kemunculannya dapat mengganggu usaha pencarian solusi terhadap masalah tersebut.

Masyarakat pun diimbau untuk memastikan agar setiap informasi terkait Covid-19 yang diterima berasal dari sumber terpercaya. Pengecekan perlu dilakukan meski pengirim informasi tersebut ialah teman dekat atau anggota keluarga.

Menurut WHO, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memastikan kebenaran informasi terkait Covid-19 seperti mengecek sumbernya, mengecek judul informasi, hingga memeriksa bukti-bukti pendukung dari informasi yang diterima.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper