Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketika Luhut ‘Sepanggung’ dengan Keponakan, Pandu Sjahrir. Paten!

Pandu Sjahrir adalah keponakan Luhut dari adik kandungnya, Kartini Sjahrir, yang menikah dengan almarhum ekonom dan aktivis Malari 1974, Sjahrir. Pandu menjabat sebagai komisaris utama Sea Group, pengendali Shopee Indonesia.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 12 Desember 2020  |  16:33 WIB
Ketika Luhut ‘Sepanggung’ dengan Keponakan, Pandu Sjahrir. Paten!
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ‘satu panggung’ bersama keponakan, Pandu Sjahrir, dalam memperingati ulang tahun ke-5 Shopee Indonesia, Sabtu (12/12/2020).

Pandu Sjahrir adalah keponakan Luhut dari adik kandungnya, Kartini Sjahrir, yang menikah dengan almarhum ekonom dan aktivis Malari 1974, Sjahrir. Pandu menjabat sebagai komisaris utama Sea Group, pengendali Shopee Indonesia.

Pada acara yang berjatuk Shoppe Kerja Bareng Untuk Negeri itu, hadir Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dan Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam undangan tercantum Presiden Joko Widodo, tetapi tidak bisa hadir menurut pembawa acara.

Dalam kesempatan itu, Pandu menyampaikan bahwa pada kuartal III/2020 Shopee mencatatkan 310 juta tansaksi sepanjang tahun berjalan 2020. Dia mengklaim Shopee mencatatkan peringkat 1 transaksi bulanan.

“Kami dukung puluhan ribu UMKM [usaha mikro, kecil, dan menengah], yang berhasil ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina. Sebanyak 99% pelaku usaha UMKM di Indonesia. berkontribusi 50% terhadap PDB nasional, dan 97% penyerapan tenaga kerja,” ujarnya.

Menurutnya, Shopee telah bersinergi dengan 18 lembaga negara/kementerian guna membantu UMKM di tengah pandemi. Selain itu, Shopee diklaim memberikan keringanan kepada UMKM hingga senilai Rp100 miliar.

Sementara itu, Luhut menyampaikan bahwa pemerintah akan terus mendorong UMKM untuk melakukan transaksi secara digital. Menurutnya, hingga Oktober 2020 sudah sebanyak 3,2 juta UMKM melakukan transaksi secara digital.

Luhut menargetkan pada tahun depan akan menggaet 30 juta UMKM untuk masuk digital dari total sekitar 60 juta UMKM. Oleh sebab itu, pemerintah akan melakukan sejumlah terobosan untuk membantu UMKM.

“Pemerintah akan mendukung UMKM ekosistem digital dengan pelatihan, promosi produk, akses permodalan UMKM agar bisa berkreasi dan berinovasi menggerakan ekonomi bangsa,” ujarnya yang tampil melalui rekaman video.

Dalam kesempatan itu, Luhut pun mengucapkan selamat ulang tahun kepada Shopee. Dia berharap Shopee menjadi sumber keuatan UMKM mandiri, kuat, dan berdaya saing di bidang digital.

“Selamat kepada Shopee ulang tahun ke-5, saya percaya Shopee akan berkembang dan tumbuh dan menciptakan inovasi bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Shopee emang benar-benar paten.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Luhut Pandjaitan shopee Pandu Sjahrir
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top