Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pilkada 2020, PDIP Sebut 16 Calonnya Menang di Sumut

Meski diterpa banyak isu miring, kader PDI Perjuangan diklaim memenangkan konstestasi di sejumlah pemilihan kepala daerah.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 12 Desember 2020  |  14:06 WIB
  Sejumlah kader melintasi papan digital dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta, Minggu (12/1/2020). - Antara
Sejumlah kader melintasi papan digital dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta, Minggu (12/1/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Selain Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), PDI Perjuangan atau PDIP diprediksi menguasai perebutan kepala daerah di Sumatra Utara.

Berdasarkan hasil quick count dan real count, serta konsolidasi data oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), partai berlambang banteng itu memiliki potensi memenangkan 16 dari 23 d Pilkada 2020  Sumatera Utara (Sumut).

"Bagi kami Sumut itu punya histori, kedekatan sejarah. Di Sumut Bung Karno pernah diasingkan. Di Kota Medan, ada jejak rezim otoriter yang berusaha menggagalkan proses demokratisasi partai,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan resminya yang dikutuip, Sabtu (12/12/2020)

Adapun dari 16 wilayah itu, PDI Perjuangan memenangkan 12 pilkada serentak 2020 antara lain, Kota Medan, Serdang Bedagai (Sergai), Pematang Siantar, Toba Samosir (Tobasa), Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan (Humbahas), Gunung Sitoli, Nias Induk, Nias Selatan, Tapanuli Selatan, Tanjung Balai, dan Mandailing Natal (Madina).

Empat lainnya masih dihitung secara ketat dengan kemungkinan keluar sebagai pemenang tetapi selisih sedikit yakni di Tanah Karo, Nias Barat, Labuhan Batu Selatan (Labusel), serta Labuhan Batu Induk.

"Tidak sia-sia DPP menugaskan Pak Djarot Saiful Hidayat melakukan roadshow dan konsolidasi di pekan terakhir jelang pilkada dengan membawa semangat kebangsaan yang diinspirasi oleh Bung Karno,”jelas Hasto.

Hasto melanjutkan fenomena di Sumut melanjutkan tren positif PDIP dalam Pilkada 2020. Pasalnya 11 dari 16 calon kepala daerah yang kemungkinan menang adalah kader murni PDI Perjuangan. Hal serupa terjadi di Jawa Timur, dari 19 pilkada yang dimenangkan, 11 adalah kader murni PDI Perjuangan.

“Kami mengapresiasi pilihan warga Sumut terhadap kader murni kami. Mauliate Godang (terima kasih banyak),” ucap Hasto.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip sumatra utara Pilkada 2020
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top