Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demokrat Menang 44 Persen di Pilgub 2020? Ini Hasilnya Sementara

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu Demokrat Kamhar Lakumani mengklaim secara keseluruhan calon yang diusung Partai Demokrat untuk tingkat provinsi menang 44 persen.
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020./KPU
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020./KPU

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu Demokrat Kamhar Lakumani mengklaim menang di empat provinsi dari sembilan yang menghelat pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2020.

Bahkan, Kamhar menyatakan bahwa secara keseluruhan calon yang diusung Partai Demokrat untuk tingkat provinsi atau pemilihan gubernur menang 44 persen.

"Dari sembilan Pilgub yang diikuti, usungan PD menang di empat daerah yang dua di antaranya adalah kader Partai Demokrat, yaitu Pilgub Kalimantan Selatan dan Pilgub Kalimantan Utara," kata Kamhar dalam keterangannya, Kamis (10/12/2020).

Lantas, bagaimana dengan hasil perhitungan resmi sementara oleh KPU di Pilgub tersebut? Apakah benar kader Partai Demokrat mampu unggul di sejumlah lokasi tersebut?

KALIMANTAN SELATAN

Penghitungan suara resmi atau real count Pilkada 2020 di Kalimantan Selatan menunjukkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Denny Indrayana-Difriadi unggul untuk sementara, hingga Kamis (10/12/2020) 19.07 WIB.

Paslon dengan nomor urut 02 dan didukung Partai Demokrat, Gerindra dan PPP ini unggul sementara dengan persentase suara 51,7 persen. Sementara itu, paslon Sahbirin Noor-Muhidin dengan nomor urut pemilihan 01 memiliki persentase suara sebesar 48,3 persen.

KALIMANTAN UTARA

Di Pilgub Kaltara 2020, Zainal Arifin Paliwang menjadi calon Gubernur Kaltara dengan nomor urut 3 yang didampingi calon Wakil Gubernur Yansen. Paslon ini didukung oleh Partai Demokrat, Gerindra, PDIP dan PPP.

Hingga Kamis (10/12/2020) 19.07 WIB, paslon ini meraup suara 46,8 persen atau mengungguli paslon nomor 1 Udin Hianggio - Undungsyah dengan 30,6 persen suara dan Irianto Lambrie - Irwan Sabri, paslon dengan nomor urut 2 dengan 22,5 persen suara sementara.

SUMATRA BARAT

Sumatera Barat memiliki empat pasangan calon. Hingga Kamis (10/12/2020) 19.44 WIB, penghitungan suara resmi di provinsi ini  dimenangkan oleh pasangan nomor urut 04 Mahyeldi-Audy Joinaldy dengan persentase suara 34,1 persen. Paslon ini didukung PKS dan PPP.

Paslon yang didukung Partai Demokrat yakni Mulyadi-Ali Mukhni. Paslon bernomor urut 01 ini berada di peringkat ketiga dengan perolehan suara 26,1 persen. Paslon bernomor urut 02, Nasrul Abit-Indra Catridi, berada peringkat kedua, sedangkan Fakhrizal-Genius Umar dengan nomor urut 03. berada di urutan terakhir.

JAMBI

Perolehan suara untuk Pilgub Jambi untuk sementara dipimpin oleh pasangan nomor urut 03 Al Haris-Abdullah Sani 38,5 persen, unggul tipis  dari Cek Endra - Ratu Munawaroh yang kalah tipis 37,6 persen dengan nomor urut 01.

Paslon nomor urut 02, Fachrori Umar-Syafril Nursal, sementara hanya mampu meraup 23,9 persen suarat. Paslon ini didukung Partai Demokrat, Gerindra, PPP dan Hanura.

BENGKULU

Di Provinsi Bengkulu, pasangan nomor urut 02 Rohidin Mersyah-Rosjonsyah unggul telak sementara denga2 42,6 persen suara. Paslon ini didukung Partai Demokrat dan empat partai lainnya.

Dua pasangan lain, yaitu Helmi Hasan-Muslihan Diding Soetrisno di nomor urut 01, dan di nomor urut 3 ada Agusrin Maryono-Imron Rosyadi.

KEPULAUAN RIAU

Berdasarkan data KPU, pasangan nomor urut 03 Ansar Ahmad-Marlin Agustina sementara unggul cukup jauh di Pilkada 2020 dengan perolehan 44,2 persen yang telah mengumpulkan 132.646 suara.

Paslon yang didukung Partai Demokrat, Hanura dan PKS serta bernomor urut 02, yakni Isdianto-Suryani, meraup 34,8 persen suara, sedangkan pasangan Soerya Respationo-Iman Sutiawan di nomor urut 01 memiliki 21,2 persen suara.

KALIMANTAN TENGAH

Kalimantan Tengah memiliki dua pasangan Cagub-Cawagub. Hingga Kamis (10/12/2020) 20.13 WIB, data KPU menunjukkan pasangan nomor urut 01 Ben Brahim S. Bahat - Ujang Iskandar unggul dengan persentase 51,6 persen. 

Paslon Ben-Brahim ini didukung oleh Partai Demokrat, Hanura dan Gerindra. Sementara itu, pasangan nomor urut 02 Sugianto Sabran-Edy Pratowo yang meraup 48,4 persen suara didukung 8 parta politik.

SULAWESI UTARA


KPU melaporkan pasangan Olly Dondokambey-Steven O. E. Kandouw masih unggul jauh dengan persentase 58,0 persen perolehan suara di Pilgub Sulut 2020.

Paslon bernomor urut 01, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar memperoleh 32,4 persen suara. Partai Demokrat bersama Golkar dan PAN mendukung paslon ini.

Adapun, paslon nomor urut 02 yaitu Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene dengan 9,6 persen suara.

SULAWESI TENGAH

Provinsi terakhir yang turut serta dalam Pilkada 2020  ini adalah Sulawesi Tengah dengan dua pasangan calon. Pasangan nomor urut 02 Rusdy Mastura-Ma'mun Amir unggul sementara dengan perolehan 58,6 persen. Paslon ini didukung Partai Demokrat dan 8 partail lainnya.

Pasangan tersebut mengalahkan pasangan nomor urut 01 Mohamad Hidayat Lamakarata-Bartholomeus Tandigala meraup 41,4 persen suara dan didukung Partai Gerindra dan PDIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper