Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pejalan kaki berjalan di depan kompleks Exchange Square, yang menjadi lokasi Hong Kong Stock Exchange, di Hong Kong, China, Jumat (29/5/2020). - Bloomberg/Lam Yik
Premium

IPO US$3,5 Miliar JD Health, Pelipur Lara Bursa Hong Kong

26 November 2020 | 13:31 WIB
Setelah Ant Group batal melantai di Bursa Hong Kong pada tahun ini, sentimen negatif melanda bursa tersebut. Mampukah JD Health, anak usaha JD.com, menjadi obat?

Bisnis.com, JAKARTA — JD Health, unit usaha farmasi dan layanan kesehatan berbasis teknologi milik perusahaan JD.com, selangkah lagi akan berstatus perusahaan terbuka. Skenario tersebut bakal terjadi andai rencana JD Health untuk menggelar Initial Public Offering (IPO) di Bursa Hong Kong pada awal Desember 2020, terealisasi.

JD Health bakal melakukan penawaran perdana pada 1 Desember 2020 dan listing pada 8 Desember 2020. Perusahaan tersebut, yang menunjuk Bank of America, UBS, dan Haitong Securities sebagai sponsor IPO, telah mempublikasikan dokumen prospektus mereka pada Rabu (25/11/2020).

Laporan Bloomberg menyebutkan nantinya perusahaan akan menjual 381,9 juta lembar saham di target harga antara 62,8-70,58 dolar Hong Kong.

Dengan nominal tersebut, perusahaan diperkirakan mampu mendapat dana segar senilai US$3,5 miliar. Angka ini akan membuat valuasi JD Health meningkat menjadi US$28,5 miliar.

Di sisi lain, pihak Bursa Hong Kong tentu lega dengan berjalan lancarnya IPO JD Health. Setidaknya, kondisi ini bisa menjadi pengobat sentimen negatif batalnya IPO Ant Group yang sempat menurunkan ekspektasi.

Apabila mengacu rapor 9 bulan pertama 2020, wajar jika ekspektasi investor terhadap Bursa Hong Kong tinggi. Riset KPMG yang merekapitulasi transaksi pasar modal dunia sepanjang Januari-September 2020, menyebut bahwa Bursa Hong Kong menorehkan rapor IPO tertinggi ketiga di dunia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top