Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lama Tak Muncul, Prabowo Lihat Keris Pangeran Diponegoro. Kode Apa?

Prabowo terlihat serius mengamati keris lekuk sembilan milik Pangeran Diponegoro yang bernama Kiai Nogo Siluman dengan warangka emas.  
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 24 November 2020  |  01:09 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (20/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (20/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto lama tidak muncul ke publik sejak lawatan ke Amerika Serikat dan sejumlah negara di Eropa beberapa waktu yang lalu.

Tiba-tiba Prabowo muncul dengan mengunggah sebuah foto saat mengunjungi Museum Nasional yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, tak jauh dari kantor Kementerian Pertahanan.   

Dengan memakai baju safari berwarna putih dan memakai masker, Prabowo tampak sedang memperhatikan keris peninggalan Pangeran Diponegoro yang ditaruh di dalam lemari kaca.

Prabowo terlihat serius mengamati keris lekuk sembilan yang bernama Kiai Nogo Siluman dengan warangka emas.  

"Pusaka Keris Peninggalan Pangeran Diponegoro yang disimpan di Museum Nasional Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat." Demikian seperti ditulis di akun Instagram Prabowo, Senin (23/11/2020) malam.

Banyak komentar mewarnai postingan Prabowo tersebut. Salah satu komentar dari @fadhito_ menyinggung sikap diam Prabowo saat ini. "Pak, kami rindu bapak berbicara didepan rakyat."

Netizen lain, @mas_feb47 menilai soal sikap Prabowo yang menjauh dari ulama. "apakabar pak?kok jauh dari ulama ya skrg..ga inget dulu." 

Hingga berita ini diturunkan nyaris ada 100.000 yang menyukai postingan tersebut dan ada sekitar 1.300 komentar.

Keris Kiai Nogo Siluman selalu dibawa Pangeran Diponegoro ketika berperang melawan Belanda pada 1825-1830. Keris itu sendiri baru saja dikembalikan ke pemerintah Indonesia setelah sebelumnya selama hampir dua abad digenggam pemerintah Belanda. 

Secara simbolis keris milik Pangeran Diponegoro itu dikembalikan oleh Raja Belanda Willem Alexander serta Ratu Maxima saat berkunjung ke Indonesia pada Selasa (10/3/2020). Keris diserahkan secara langsung kepada Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat.

Prabowo sendiri diketahui sebagai salah satu penggemar Pangeran Diponegoro. Dalam beberapa kesempatan menyebut-nyebut kepahlawanan Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda.

Saat berkunjung ke Amerika 15-19 Oktober 2020, Prabowo menyempatkan diri berpose di depan lukisan raksasa Pangeran Diponegoro di KBRI Washington DC. Saat hari ulang tahun ke-69 Ketua Umum Partai Gerindra tersebut, 17 Oktober.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diponegoro prabowo subianto menhan
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top