Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bansos Tunai Tahap 8 Mulai Disalurkan, Realisasi Capai 31 Persen

Distribusi bantuan pada tahap 8 sudah berjalan pada awal November ini. BST sudah disalurkan kepada 2,5 Juta lebih KPM.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 18 November 2020  |  21:31 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) menyatakan bahwa penyaluran Bantuan Sosial Tunai tahap 8 mulai dilaksanakan sejak pekan lalu. Hingga awal pekan ini, atau 15 November 2020, realisasi mencapai 31 persen.

“Distribusi bantuan pada tahap 8 sudah berjalan pada awal November ini. BST sudah disalurkan kepada 2,5 Juta lebih KPM,” kata Ketua Tim BST Pos Indonesia Husein Haris dalam keterangan resmi, Rabu (18/11/2020).

Seperti diketahui, PT Pos bertindak sebagai pelaksana penyaluran BST. Perseroan bersama dengan Himpunan Bank Milik Negara menyalurkan bantuan kepada 9 Juta keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Haris menjabarkan bahwa di sejumlah provinsi masih berlangsung penyaluran bantuan tahap 7. Secara total bantuan tahap tersebut telah diberikan kepada 8,51 juta KPM atau 94,24 persen dari total target.

Haris menyebutkan teknis distribusi bantuan tahap 8 akan mendahukan masyarakat yang berada daerah terluar.

“Pendistribusian BST di daerah terluar keadaan cuaca dan gelombang di Laut untuk penyaluran di wilayah kepulauan dan keterbatasan jaringan Internet tetap menjadi tantangan dalam penyaluran BST,” kata Haris.

BST tahap 8 merupakan program pemerintah untuk menekan dampak ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Setiap KPM akan menerima uang tunai Rp300.000 per bulan yang telah disalurkan sejak Juli 2020.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi optimistis penyaluran BST akan mencapai target tahun ini.

“Pos Indonesia optimistis penyaluran BST tahap lanjutan ini dapat berjalan dengan baik dan tuntas sesuai target yang telah ditetapkan pemerintah dengan terus mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, memperbanyak titik layanan, memperpanjang jam layanan, serta memperluas kerja sama komunitas di daerah”, kata Faizal.

Sebelumnya, Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional mengatakan bahwa program perlindungan sosial adalah satu program yang akan terserap hampir seluruhnya pada tahun ini. Program ini meliputi bantuan sosial sembako dan tunai kepada keluarga termiskin menurut data Kementerian Sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt pos indonesia bantuan sosial
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top