Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duh! Kasus Positif Covid-19 Naik 17,8 Persen dalam Sepekan Terakhir

Selama sepekan terakhir, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 sebesar 17,8 persen.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Penambahan kasus positif Covid-19 selama sepekan terakhir yaitu dari 8-15 November 2020 cenderung meningkat jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adi Sasmito mengatakan bahwa selama sepekan terakhir, terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 sebesar 17,8 persen.

“Peningkatan ini cukup signifikan dibanding biasanya jika terjadi kenaikan kasus positif hanya di kisaran 5 sampai 8 persen saja selama ini. Mohon ini menjadi perhatian kita bersama, karena ini adalah perkembangan ke arah yang kurang baik,” kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (17/11/2020).

Lebih lanjut, pada tingkat provinsi, kenaikan tertinggi mingguan kasus positif terjadi di Jawa Tengah yakni mencapai 2.377 orang.

Kemudian, disusul Jawa Barat dengan penambahan 875 kasus, DKI Jakarta 778, Banten 262, dan Lampung 204 kasus.

“Saya mengapresiasi Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat yang berhasil keluar dari lima besar kenaikan kasus tertinggi pada pekan ini,” ujar Wiku.

Jika kasus positif mingguan naik siginifikan, hal sebaliknya terjadi pada kasus meninggal. Wiku menyampaikan bahwa peningkatan mingguan kasus meninggal pada pekan ini mengalami penurunan hingga 8,9 persen.

“Artinya dari banyaknya kasus positif baru pada pekan ini, penanganan yang cepat dan tepat, serta dilakukan sedini mungkin telah dilakukan dan diupayakan oleh fasilitas kesehatan terkait di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut, lima besar provinsi dengan kenaikan mingguan tertinggi kasus meninggal pada pekan ini ditempati oleh Jawa Tengah dengan penambahan 38 kasus, Kalimantan Timur 13 kasus, Jambi 6, Kepulauan Riau 4, dan Kepulauan Bangka Belitung 3.

Sayangnya, tren positif pada kasus meninggal tersebut tidak terjadi pada kasus sembuh.

Data Satgas menunjukkan bahwa total penambahan mingguan kasus sembuh pada pekan ini menurun hingga 9,3 persen jika dibandingkan dengan pekan lalu.

Penurunan kasus sembuh tertinggi pekan ini terjadi di Sumatra Barat yakni 1.377 atau 2.338 kasus sembuh terjadi pada pekan lalu, menurun menjadi 961 kasus.

Kemudian, Aceh menyusul Sumatra Barat dengan total penurunan 810 kasus, Riau 660, Banten 521, dan Jawa Tengah 342.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper