Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tujuh Manuver Keliru Anies Ketika Rizieq Shihab Pulang ke Indonesia

Terdapat tujuh momentum krusial yang menunjukkan Anies justru memberi legitimasi atas pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh FPI.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 17 November 2020  |  07:23 WIB
Anies Baswedan duduk paling kiri, di sebelahnya ada Rizieq Shihab, disusul Tengku Zulkarnain, dan Hanif Al-Athos (menantu Rizieq) yang duduk paling kanan. JIBI - Bisnis/Nancy Junita/Instagram @tengkuzulkarnain.id
Anies Baswedan duduk paling kiri, di sebelahnya ada Rizieq Shihab, disusul Tengku Zulkarnain, dan Hanif Al-Athos (menantu Rizieq) yang duduk paling kanan. JIBI - Bisnis/Nancy Junita/Instagram @tengkuzulkarnain.id

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan menghadiri pemeriksaan yang dilakukan oleh Bareskrim Polri pada hari ini, Selasa (17/11/2020). Agenda pemeriksaan itu dilatari oleh dugaan pelanggaran Pasal 93 Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dengan ancaman satu tahun penjara dan denda Rp100 juta.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan bahwa tim penyidik Bareskrim Polri telah mengirimkan surat panggilan pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diduga telah melanggar Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Polri beralasan Anies sempat menghadiri acara pernikahan putri Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab bersamaan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Sabtu (14/11/2020).

"Tim penyidik sudah mengirimkan surat itu kepada Gubernur DKI Jakarta untuk diklarifikasi keterangannya karena hadir di acara pernikahan puteri HRS," kata Argo dalam konferensi pers, Senin (16/11/2020).

Latar belakang pemanggilan itu juga disinyalir berangkat dari dugaan yang berkembang di tengah masyarakat bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mahfum terjadinya pelanggaran terhadap protokol kesehatan yang dipertontonkan oleh FPI. Persisnya, setelah pendiri mereka Habib Rizeq Shihab menginjakkan kaki kembali di Tanah Air pada Selasa (10/11/2020) lalu.

Bisnis mencatat terjadi sekitar lima pelanggaran protokol kesehatan yang dilanggar oleh FPI yang didiamkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama sepekan terakhir. Hanya saja, Pemerintah Pusat turut menanggung tudingan yang sama ihwal ketidakmampuan dalam menegakkan hukum terkait pelanggaran protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Peneliti politik dari ISEAS Yusof Ishak Institute Made Tony Supriatma berpendapat tudingan itu beralasan karena Pemerintah Pusat dan DKI Jakarta melihat Imam Besar FPI itu dari sisi politik bukan dari kesehatan masyarakat.

“Ya yang terjadi adalah ‘complicity' [persekongkolan] dari pemerintah pusat dan DKI kepada Muhammad Rizieq Shihab. Saya kira ini memperlihatkan kelemahan dari negara dan pemerintah,” kata Made melalui pesan tertulis pada Senin (16/11/2020).

Dengan demikian, dia berpendapat, pembiaran pelanggaran protokol kesehatan oleh FPI itu konsekuensi dari konsentrasi pemerintah pada ihwal politik sembari mengesampingkan pertimbangan kesehatan masyarakat.

“Bahaya dari langkah seperti ini adalah ketika ada orang seperti Rizieq yang mampu membangun opini dan jauh lebih efektif dari pemerintah. Ketika melanggar aturan, dia bayar 50 juta. Wagub DKI berterima kasih untuk itu! Pemerintah terjebak dalam narasi yang mereka bangun sendiri,” kata dia.

Bisnis mencatat terdapat tujuh momentum krusial yang menunjukkan Anies justru memberi legitimasi atas pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh FPI.

Hanya saja, pembiaran itu juga beririsan dengan sikap pemerintah pusat yang terbilang tidak tegas. Malahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan berupa 20 ribu masker dalam acara Maulid Nabi SAW dan akad nikah putri Rizeiq pada Sabtu (14/11/2020).

1. Ribuan Massa FPI Sebabkan 118 Penerbangan di Soekarno-Hatta Tertunda

Ribuan anggota Front Pembela Islam (FPI) memadati Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta untuk menyambut kedatangan Habib Rizieq Shihab yang sudah meluncur pulang ke Indonesia.

PT Angkasa Pura II mencatat sebanyak 118 penerbangan domestik dan internasional mengalami penundaan keberangkatan pada Selasa (10/11/2020) akibat massa penjemput Habib Rizieq Shihab memadati ruas-ruas jalan menuju dan di Bandara Soekarno-Hatta.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan jumlah penerbangan tersebut terdiri atas 110 rute domestik dan 8 rute internasional.

2. Rizieq Shihab Pulang ke Petamburan Disambut Ribuan Simpatisan

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari menuturkan pihaknya telah bersiap untuk melakukan penelusuran kontak erat Covid-19 terkait ratusan simpatisan Pemimpin FPI Muhammad Rizieq Shihab yang memadati kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Kawasan Petamburan itu sendiri adalah akses jalan menuju markas besar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPI. Persisnya, berada di Petamburan III No.17 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Itu kan wilayah ya, kalau ada kasus tanggung jawabnya puskesmas melakukan pemantauan enggak harus ke masalah Habib Rizieqnya,” kata Erizon kepada awak media pada Selasa (10/11/2020).

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi menjelaskan rekayasa lalu lintas dilakukan menyusul kepulangan Habib Rizieq Shihab sekeluarga ke Indonesia dari Arab Saudi.

Setelah tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Habib Rizieq Shihab langsung pulang ke kediamannya di Petamburan Jakarta Pusat.

3. Anies Sambangi Rizieq Shihab Yang Baru Tiba di Ibu Kota

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertandang ke kediaman Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta, pada Selasa (10/11/2020) malam. Habib Rizieq baru tiba di Jakarta dari Arab Saudi pada Selasa pagi.

Dalam pertemuan itu, Anies diajak minum teh oleh Habib Rizieq. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain. Tengku Zulkarnain membenarkan pertemuan Anies dengan Habib Rizieq selepas shalat Isya.

Pertemuan Gubernur DKI Jakarta dengan pimpinan FPI itu diketahui juga melalui unggahan foto pada akun media sosial Instagram.

Dalam unggahan foto yang diberi judul "Pertemuan Empat Shahabat" tersebut, terlihat Anies Baswedan duduk paling kiri, di sebelah kanannya Rizieq Shihab, disusul Tengku dan Hanif Al-Athos (menantu Rizieq) yang duduk paling kanan.

Tengku Zulkarnain mengaku Anies dan Rizieq saling melepas rindu sambil minum teh dan tidak ada pembicaraan yang mengarah ke unsur politik.

"Nggak ada, minum teh bareng aja melepas rindu aja namanya kawan, sahabat, sehat-sehat senang gitu lah," ujar Tengku Zulkarnain.

4. Temui Rizieq Shihab, Epidemiolog Nilai Anies Baswedan Tak Punya Sense of Crisis

Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman, menuturkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak memiliki sense of crisis atau kepekaan tentang situasi krisis terkait pandemi Covid-19.

Pendapat itu disampaikan Dicky berkaitan dengan pertemuan Anies dengan Imam Besar Front Pembela Islam atau FPI Muhammad Rizieq Shihab.

Anies berinisiatif menyambangi Rizieq di kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat pada Selasa (10/11/2020) malam.

“Saya bicara dari keilmuan wabah tentu keputusan yang tidak bijaksana kalau bertemu dalam waktu singkat seperti itu berbahaya. Artinya, sense of crisisnya kurang ada. Situasi seperti itu ada kewajiban apalagi pejabat publik, tokoh publik, punya kewajiban memberi contoh pada masyarakat,” kata Dicky melalui pesan suara pada Rabu (11/11/2020).

Menurut Dicky, Anies semestinya memberi contoh kepada masyarakat ihwal bagian rill pelaksanaan pembatasan mobilitas dan interaksi orang.

5. Pemerintah Provinsi DKI Hadiri Maulid Nabi di Tebet Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengahadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Majelis Ta’lim Al Alaf Alhabib Alin Abdurrahman Assegaf pada Selasa (13/11/2020).

Acara itu juga dihadiri oleh Imam Besar FPI Rizieq Shihab.

Dalam siaran langsung dari kanal Youtube Front TV milik FPI, peringatan Maulid Nabi itu dihadiri oleh ratusan orang. Malahan, peserta Maulid Nabi itu terlihat berdesakan dan hanya sejumlah orang yang tampak mengenakan masker.

6. Estimasi Peserta Maulid Nabi dan Akad Nikah Putri Rizeq 10 Ribu Orang, Dishub DKI Rekayasa Lalin

Ribuan jemaah menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Front Pembela Islam atau FPI, Sabtu (14/11/2020) malam.

Berdasarkan surat izin yang diterima Lurah Petamburan Setiyanto, estimasi jumlah jemaah yang mengikuti acara itu sekitar 10 ribu orang.

Kegiatan berlangsung di Markas Besar FPI, di Jalan KS Tubun Raya Petamburan III, Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Selain perayaan Maulid, Pemimpin FPI Muhammad Rizieq Shihab juga bakal menggelar akad nikah putrinya Syarifah Najwa Shihab dengan Irfan Alaydrus.

“Itu acaranya berbarengan sih. Nah itu dari Habib Rizieq Shihab, dari Dishub minta ada penutupan jalan di KS Tubun [Petamburan] atau rekayasa lalu lintas begitu,” kata Setiyanto melalui sambungan telepon pada Jumat (13/11/2020).

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo membenarkan pihaknya memberikan bantuan masker sebanyak 20.000 helai kepada FPI.

Pemberian masker tersebut terkait dengan rencana Front Pembela Islam (FPI) menggelar acara Maulid Nabi, serta adanya acara akad nikah putri Habib Rizieq alias Muhammad Rizieq Shihab pada malam ini.

7. Surat Peringatan Protokol Kesehatan Keluar H-1 Perayaan Maulid Nabi dan Nikahan Putri Rizieq

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengeluarkan surat imbauan pelaksanaan protokol kesehatan kepada Pemimpin FPI Muhammad Rizieq Shihab yang dikenal dengan sapaan Habib Rizieq Shihab terkait acara pernikahan putrinya, malam ini.

Dalam surat tertanggal 13 November 2020 itu, Bayu meminta Rizieq menerapkan protokol kesehatan bagi panitia maupun peserta yang hadir dengan maksimal kapasitas 30 orang dalam satu ruangan.

“Sesuai dengan keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1100 Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif,” tulis Bayu.

Di sisi lain, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta bakal menggulirkan hak Interpelasi untuk meminta keterangan kepada Anies karena telah melakukan pembiaran terhadap acara keramaian yang dihadiri ribuan massa di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan pemimpin ormas Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

“Kami perlu tekankan bahwa pemanggilan ini bukan urusan politik, namun ini adalah tentang penegakan protokol kesehatan yang menyangkut nyawa ribuan warga Jakarta. Kami menyayangkan, acara keramaian sudah diketahui sejak jauh-jauh hari, namun Pak Gubernur tidak ada niat untuk menegakkan aturan yang dibuatnya sendiri,” kata Wakil Ketua Komisi E dari Fraksi PSI DKI Jakarta melalui pesan tertulis pada Senin (16/11/2020).

Sebelumnya, Anies berkunjung ke Petamburan, Jakarta Pusat, menemui Rizieq Shihab pada Selasa (10/11/2020) malam. Padahal, menurut protokol yang disusun oleh Kementerian Kesehatan, orang yang baru pulang dari luar negeri wajib menerapkan isolasi mandiri 14 hari.

Anggara menerangkan, pemanggilan ini juga terkait dengan Perda Penanggulangan Covid-19 yang sudah disusun baru-baru ini dan Undang-Undang nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Agar pandemi Covid-19 bisa ditangani, semua pihak harus disiplin dan pihak pemerintah harus memberikan contoh. Kami ingin mengetahui mengapa Pak Gubernur malah melanggar protokol kesehatan,” kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anies baswedan fpi habib rizieq Covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top