Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pendiri dan CEO Zoom Video Communications Inc. Eric Yuan (tengah) membunyikan opening bell yang menandai resmi melantainya perusahaan tersebut di bursa Nasdaq di New York, AS, Kamis (18/4/2019). - Bloomberg/Victor J. Blue
Premium

Para Miliarder Dunia yang Kekayaannya Digerus Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19

16 November 2020 | 11:54 WIB
Rupanya efektivitas uji coba vaksin Covid-19 pada pekan lalu tidak berarti kabar baik bagi semua orang. Kekayaan sejumlah miliarder dunia justru terdampak negatif.

Bisnis.com, JAKARTA — Perkembangan pencarian vaksin Covid-19 mengalami kenaikan pesat pada pekan lalu. Namun, kabar baik ini rupanya justru berefek buruk terhadap sebagian miliarder dunia. Mengapa?

Hantaman sentimen yang terutama dipicu oleh efektivitas vaksin buatan Pfizer dan BioNTech pun sukses bikin bursa saham AS bergejolak, dengan indeks S&P mengalami akumulasi kenaikan 2,2 persen dan indeks Dow Jones Industrial menguat 4,1 persen sepanjang pekan.

Namun, sebagaimana roda berputar, tak semuanya diuntungkan. Catatan positif tersebut turut berimbas sebaliknya ke beberapa kalangan. Sebagian taipan, terutama mereka yang mendulang pundi-pundi keuntungan besar sejak kedatangan pandemi, dipaksa harap-harap cemas.

Eric Yuan salah satunya. Pendiri sekaligus Direktur Utama Zoom Video Communications Inc. tersebut mengalami akumulasi penurunan kekayaan hampir 20 persen, alias sebesar US$4,2 miliar sepanjang pekan lalu. Kini, total kekayaannya mentok di angka US$17,7 miliar.

Penurunan tersebut terutama dipicu oleh lengsernya harga saham Zoom yang diperdagangkan di bursa NASDAQ. Pada akhir perdagangan Jumat (13/11/2020), saham berkode ZM tersebut ditutup di harga US$403,58, terjun 25,06 poin alias 5,85 persen dari posisi sehari sebelumnya.

Meski secara year-to-date (ytd), saham Zoom saat ini masih mengalami penguatan 487,2 persen, guncangan ini menjadi sinyal bagi perusahaan asal California, AS tersebut untuk siaga.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top