Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ribuan Buruh Bakal Demo di Kantor Kemenaker, Ini Tuntutannya

Selain mendorong dibatalkan UU Cipta Kerja, buruh bakal menuntut upah minimum pada 2021 tetap dinaikkan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 November 2020  |  10:01 WIB
Massa buruh berjalan kaki di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, menuju kawasan Monas dalam rangkaian aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja, Selasa (20/10/2020). - Antara
Massa buruh berjalan kaki di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, menuju kawasan Monas dalam rangkaian aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja, Selasa (20/10/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)  kembali menggelar aksi demo menuntut pembatalan Undang-undang Cipta Kerja pada Selasa (10/11/2020).

Demo rencananya akan diikuti oleh ribuan buruh dan dilaksanakan di depan gedung kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta Selatan.

“Estimasi massa seribuan orang,” kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam undangan yang disebar pada Senin (9/11/2020).

Aksi demonstrasi di Kemenaker akan berlangsung pada pukul 10.30 WIB. Selain mendorong dibatalkan UU Cipta Kerja, buruh bakal menuntut upah minimum pada 2021 tetap dinaikkan. Sebelumnya, pemerintah memutuskan upah minimum pada tahun depan tidak naik.

Demo itu merupakan aksi lanjutan setelah massa menggelar gerakan yang sama di depan gedung DPR, Senin (9/11/2020) siang. Demo bertepatan dengan paripurna pembukaan masa sidang legislatif.

Adapun, UU Cipta Kerja terus menuai aksi protes terlebih setelah disahkan dalam paripurna DPR pada 5 Oktober lalu. Buruh, mahasiswa, dan kelompok masyarakat sipil mendesak Presiden Joko Widodo membatalkan UU Cipta Kerja tersebut lantaran penyusunannya dinilai cacat formil dan memuat substansi yang bertentangan dengan konstitusi.

Namun, pemerintah berkukuh aturan ini sah, kendati belakangan ditemukan ada salah ketik setelah diundangkan. Saat ini, pemerintah mengebut rampungnya 44 peraturan turunan UU Cipta Kerja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buruh kspi upah minimum Omnibus Law cipta kerja

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top