Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari ini Bioskop di Malang mulai Buka dengan Protokol Covid-19 Ketat

Bioskop-bioskop di Kota Malang sudah boleh beroperasi  mulai Selasa (27/10/2020) dengan menjalankan protokol kesehatan dan telah divisitasi pemda setempat.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  05:39 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji (dua dari kanan) saat meninjau salah Cinepolis di Kota Malang, Senin (26/10 - 2020). FotoL Humas Pemkot Malang
Wali Kota Malang Sutiaji (dua dari kanan) saat meninjau salah Cinepolis di Kota Malang, Senin (26/10 - 2020). FotoL Humas Pemkot Malang

Bisnis.com, MALANG - Bioskop-bioskop di Kota Malang sudah boleh beroperasi  mulai Selasa (27/10/2020) dengan menjalankan protokol kesehatan dan telah divisitasi pemda setempat.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bioskop yang sudah disupervisi baik oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata maupun Tim Satgas Covid-19 Kota Malang.

“Suratnya sudah kami buat. Intinya, bioskop-bioskop yang dalam rencana operasionalnya menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan telah divisitasi pemda, boleh buka mulai besok [hari ini, Selasa 27/10],” katanya di Malang, Senin (26/10/2020).

Dia menegaskan, selain menerapkan jaga jarak dengan tingkat keterisian tempat duduk tidak boleh lebih dari 50 persen, pengelola juga diminta mengganti area tempat setiap hari.

Bioskop juga diminta menyediakan penyaring udara, menyediakan lampu sinar UV untuk langkah sterilisasi sehingga dapat meminimalisasi penularan Covid-19.

Pemkot juga melarang penjualan makanan di areal bioskop karena penonton tidak boleh membawa makanan di dalam fasilitas tersebut.

Langkah itu ditempuh agar penonton tetap disiplin menggunakan masker saat menonton film di bioskop. Mereka tidak perlu membuka masker karena harus makan camilan maupun minum di dalam gedung bioskop.

Terkait ticketing, kata dia, Pemkot Malang juga menyarankan menggunakan sistem cashless dengan pertimbangan untuk meminimalisasi kontak antar-orang.

“Jika terpaksa menggunakan uang tunai, maka harus ada medianya, seperti menggunakan nampan,” ujarnya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang Husnul Muarif menambahkan gedung-gedung bioskop di kota tersebut secara umum sudah menerapkan protokol kesehatan dalam rencana operasionalnya, tapi ada beberapa gedung yang perlu ada tambahan fasilitas.

Patokan model penerapan protokol kesehatan untuk bioskop, kata dia, di Movimax Sarinah. Protokol kesehatannya sudah lengkap. Di gedung bioskop lain, ada yang air purifier-nya bergantian antar-studio.  

Penggunaan sinar UV, ujar dia, penting sebagai salah satu proteksi untuk menghilangkan kuman dan virus di ruang yang kosong, terutama pada area yang udaranya lembab.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bioskop kota malang Covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top