Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

104 Pasien Covid-19 di Lebak, Sembuh

Sebagian besar pasien yang sembuh itu setelah menjalani perawatan medis di RSUD Banten," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Triatno Supiyono
Pasien virus corona/Antara
Pasien virus corona/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pasien COVID-19 dinyatakan sembuh di Kabupaten Lebak, Banten, meningkat signifikan, dari sepekan sebelumnya 70 orang dan kini total menjadi 104 orang.

"Sebagian besar pasien yang sembuh itu setelah menjalani perawatan medis di RSUD Banten," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Triatno Supiyono dikutip dari Antara.

Masyarakat yang dinyatakan sembuh dari penyakit Corona bisa kembali berkumpul bersama anggota keluarga.

Saat ini, warga yang teridentifikasi positif COVID-19, selain menjalani perawatan medis di rumah sakit rujukan di RSUD Banten juga isolasi mandiri di tempat kediamannya.

Kemungkinan besar untuk isolasi mandiri pemerintah daerah sudah menyiapkan lokasi khusus.

Selama ini, perkembangan pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh cukup signifikan dan sampai dengan Rabu ini tercatat sebanyak 104 orang.

"Kami optimistis semua pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Banten sembuh," ujarnya menjelaskan.

Menurut dia, berdasarkan data jumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Lebak tercatat 238 orang dan di antaranya 104 orang dinyatakan sembuh, 127 orang menjalani isolasi mandiri dan perawatan rumah sakit serta tujuh orang dilaporkan meninggal.

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kata dia, pemerintah daerah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 28 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Perda itu, kata da, warga yang melanggar protokol kesehatan dikenakan sanksi denda Rp150 ribu dan pelaku usaha Rp25 juta.

Selain itu juga pemerintah daerah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai 1 sampai 20 Oktober dengan melarang warga melakukan kegiatan yang mengundang massa banyak hingga terjadi kerumunan.

Dengan demikian, masyarakat wajib menaati protokol kesehatan dengan 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

"Kami minta semua warga agar disiplin mentaati aturan protokol COVID-19 untuk memutus mata rantai COVID-19 itu," katanya menjelaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper