Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dokter Gedung Putih Laporkan Trump Negatif Covid-19

Presiden AS Donald Trump dinyatakan Negatif Covid-19 berdasarkan tes cepat atau rapid test menggunakan merek Abbott BinaxNOW.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  16:50 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuka masker pelindungnya saat berdiri di Balkon Truman Gedung Putih setelah kembali dari rumah sakit di Walter Reed Medical Center untuk perawatan  Covid-19 di Washington, Amerika Serikat, Senin (5/10/2020). - Antara/Reuters
Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuka masker pelindungnya saat berdiri di Balkon Truman Gedung Putih setelah kembali dari rumah sakit di Walter Reed Medical Center untuk perawatan Covid-19 di Washington, Amerika Serikat, Senin (5/10/2020). - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter Gedung Putih Sean Conley mengatakan Presiden Donald Trump dikonfirmasi negatif Covid-19 dalam beberapa hari berturut-turut.

Dilansir dari CNN International, Selasa (13/10/2020), dia mengatakan data tersebut berdasarkan tes cepat atau rapid test menggunakan merek Abbott BinaxNOW. Pengumuman ini dibuat sesaat setelah Trump berangkat ke Florida untuk bertemu dengan para pendukungnya.

"Menanggapi pertanyaan Anda mengenai tes Covid-19 terbaru presiden, saya dapat menginformasikan bahwa dia telah diuji NEGATIF dalam beberapa hari berturut-turut," tulisnya pada Senin (12/10/2020) waktu setempat.

Dia menegaskan bahwa hasil tes tersebut juga berdasarkan data klinis dan laboratorium, termasuk beban virus, pengukuran ambang siklus RNA subgenomik dan PCR serta penilaian berkelanjutan dari data kultur virus.

Kendati demikian, Conley tidak mengatakan dengan jelas jenis uji PCR seperti apa yang digunakan Donald Trump. Conley juga tidak menyebutkan secara detail pada hari apa saja Trump dinyatakan negatif.

Selain itu, penggunaan rapid test milik Abbott bisa jadi kurang akurat lantaran hanya memvalidasi dalam 7 hari pertama setelah timbulnya gejala. Padahal sudah 10 hari sejak Trump dikonfirmasi positif.

Jawaban Conley belum memuaskan pertanyaan sejumlah pihak lantaran tidak ada pernyataan tegas dari pihak Gedung Putih apakah Trump sudah benar-benar negatif.

Pada akhir pekan lalu kondisi kesehatan Trump dilaporkan membaik. Selain itu, pengujian penyakitnya telah menunjukkan penurunan beban virus yang berhubungan dengan peningkatan waktu ambang batas siklus, serta penurunan dan tidak ditemukannya mRNA subgenomik.

Sehari sebelumnya, New York Times melaporkan Conley memberikan pernyataan singkat soal kondisi Presiden Trump bahwa dia tidak lagi berisiko menularkan virus kepada orang lain.

"Pagi ini sampel PCR Covid menunjukkan, dengan standar yang diakui saat ini, ia tidak lagi dianggap sebagai risiko penularan kepada orang lain," tulisnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Donald Trump Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top