Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabar Baik, Kasus Kematian Covid-19 Turun 9,9 Persen

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut kasus kematian akibat Covid-19 selaa sepekan terakhir menunjukkan penurunan.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  17:34 WIB
Ilustrasi - Sejumlah tenaga kesehatan membawa peti berisi jenazah di halaman RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (24/9/2020). - Antara/FB Anggoro
Ilustrasi - Sejumlah tenaga kesehatan membawa peti berisi jenazah di halaman RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (24/9/2020). - Antara/FB Anggoro

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat penurunan kasus kematian akibat virus Corona (Covid-19) selama satu pekan terakhir, hingga 11 Oktober 2020. Capaian ini melanjutkan tren positif sebelumnya yang turun 7,7 persen.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pada periode 5 - 11 Oktober 2020, pasien Covid-19 yang meninggal dunia turun 9,9 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

“Kami apresiasi provinsi yang berhasil menekan kematian pada pekan ini dan berkontribusi pada penurunan angka kematian secara nasional,” kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (13/10/2020).

Wiku mengatakan bahwa ada lima provinsi yang berhasil keluar dari daftar wilayah dengan penambahan kematian tertinggi. Wilayah tersebut adalah Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Aceh, dan Papua.

Sementara itu, provinsi dengan kematian pasien Covid-19 tertinggi selama satu pekan per 11 Oktober 2020 adalah DKI Jakarta dengan penambahan 65 orang atau naik dari 69 orang menjadi 134 orang.

Kemudian, disusul Jawa Tengah dengan penambahan 7 orang atau naik dari 55 orang menjadi 62 orang.

Selanjutnya, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tengah, masing-masing kenaikannya bertambah 4 orang, 3 orang, dan 2 orang.

“Mohon kepada provinsi yang masuk ke dalam lima besar kenaikan kematian tertinggi untuk dapat betul-betul melaksanakan treatment atau penanganan pasien covid-19 dengan baik utamanya pada pasien dengan gejala sedang dan berat serta pasien dengan komorbid,” kata Wiku.

Wiku juga meminta lima provinsi tersebut berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19. Hal ini perlu dilakukan apabila membutuhkan bantuan dalam penanganan Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top