Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyebar Hoaks UU Cipta Kerja Ditangkap, Polisi Ungkap Motifnya

Polisi menangkap VE karena dituding menyebarkan hoaks terkait Undang-Undang Cipta Kerja.
Hoaks/Antara
Hoaks/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Reserse Kriminal Mabes Polri menangkap seeorang yang diduga pelaku penyebar berita bohong atau hoaks terkait Omnibus Law UU Cipta kerja.

Penangkapan terduga pelaku inisial VE, seorang wanita berusia 36 tahun yang merupakan pemilik akun Twitter @videlyaeyang itu dilakukan pada Kamis (8/10/2020) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan bahwa VE ditangkap karena dituding menyebarkan hoaks terkait Undang-Undang Cipta Kerja.

"Bareskrim Mabes Polri melakukan penangkapan terhadap para pelaku penyebar berita bohong/hoax terkait UU Omnibus Law melalui akun Twitter @videlyaeyang," kata Argo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jumat (9/10/2020).

Argo mengatakan unggahan VE di Twitter pribadinya telah mengakibatkan keonaran. Kemarin, aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja memang terjadi di sejumlah daerah. Beberapa di antaranya berujung dengan kerusuhan.

Argo mengatakan VE menyebarkan hoaks dengan motif kecewa karena kini sudah tidak bekerja lagi. Dari tangan pelaku, Argo mengatakan Polisi menyita barang bukti berupa satu unit ponsel pintar warna hitam dan satu buah kartu sim.

VE akan dijerat dengan pasal Tindak Pidana menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong sebagaimana dimaksud dalam pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper