Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Mantan Presiden Indonesia Soeharto - Antara
Premium

HISTORIA: Soeharto, Dukungan Parlemen dan Museum Lubang Buaya

02 Oktober 2020 | 19:43 WIB
Soeharto mendapatkan angin segar untuk kembali memimpin Indonesia pada masa jabatan keenamnya berturut-turut. Pasalnya, mayoritas parlemen di tubuh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memutuskan kembali mendukungnya sebagai RI 1.

Bisnis.com, JAKARTA – Usai menggelar Pemilihan Umum 1992, jajaran parlemen di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) kembali dikuasai oleh Partai Golongan Karya.

Sama seperti edisi pemilu sebelumnya, pesta demokrasi pada tahun tersebut hanya digelar untuk memilih anggota MPR, DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kotamadya. Sementara itu, presiden dan wakil presiden dipilih melalui jalur parlemen, di mana tiap fraksi  berhak mengajukan calonnya.

Seperti diberitakan oleh Koran Bisnis Indonesia edisi 2 Oktober 1992, dukungan kepada Soeharto untuk melanjutkan tampuk kepemimpinannya sebagai Presiden Indonesia cukup kuat.

Ketua Fraksi Utusan Daerah (FUD) Yogie Surjadi Memed mengatakan Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, ABRI, dan FUD MPR telah sepakat untuk mengusung kembali Soeharto menjadi Presiden RI, masa jabat 1993-1998.

“Tadi di rapat sudah disepakati secara bulat,” ujar Yogie, seperti dikutip dari Koran Bisnis Indonesia edisi 2 Oktober 1992, pada Jumat (2/10/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top