Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DPD RI Diminta Kontribusi Tangani Covid-19

Penyerapan belanja daerah harus segera direalisasikan agar pertumbuhan ekonomi nasional mencapai angka positif.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 01 Oktober 2020  |  18:02 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengisi diskusi ekonomi dan perbankan syariah di era new normal  -  Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengisi diskusi ekonomi dan perbankan syariah di era new normal - Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden Ma`ruf Amin meminta peran anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dalam sosialisasi protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19).

Saat memberi sambutan pada hari ulang tahun DPD RI Ke-16, Wapres menyebutkan bahwa peran DPD yang melekat dengan masyarakat di daerah sangat strategis dalam upaya pencegahan penularan pandemi.

Lebih lanjut, masyarakat di daerah dinilai lebih murah menerima imbauan dari para tokoh masyarakat untuk mematuhi kedisiplinan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

“Peran DPD-RI yang melekat dengan masyarakat di daerah sangatlah strategis dalam upaya pencegahan penularan Covid-19,” katanya, Kamis (1/10/2020).

Selain itu, dia menuturkan bahwa belanja negara atau daerah merupakan salah satu solusi pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Penyerapan belanja daerah harus segera direalisasikan agar pertumbuhan ekonomi nasional mencapai angka positif.

“Saya meyakini DPD-RI kiranya dapat memainkan peran penting dalam mendorong daerah untuk melaksanakan arahan Presiden tersebut demi menjaga kesejahteraan daerah dan masyarakat dengan segera mengoptimalkan berbagai sumberdaya dan dana yang tersedia serta potensi yang dimiliki,” ujarnya.

Di samping itu, pemerintah mengapresiasi upaya DPD mendorong kemandirian fiskal daerah. Pemerintah juga terus melaksanakan upaya meningkatkan kemandirian daerah.

Beberapa diantaranya mendorong penyelesaian berbagai permasalahan di daerah termasuk wilayah pemekaran termasuk aset, batas wilayah, hibah dan pembangunan infrastruktur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr wakil presiden Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top