Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duh! Angka Kematian Pasien Covid-19 Masih Naik Sepekan Terakhir

Lima provinsi yang melaporkan penambahan angka kematian tertinggi pada periode tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Riau, dan Kalimantan Timur.
Petugas memakamkan jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas memakamkan jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan pasien Covid-19 yang meninggal dunia meningkat 0,2 persen selama satu pekan dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Data tersebut merupakan hasil rekapitulasi hingga 27 September 2020.

“Ini target kita harusnya turun dari waktu ke waktu, tapi sekaran ini naik dari 831 menjadi 833,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Selasa (29/9/2020).

Adapun 5 provinsi yang melaporkan penambahan angka kematian tertinggi pada periode tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Riau, dan Kalimantan Timur. Provinsi yang dipimpin oleh Ganjar Pranowo pada pekan sebelumnya juga berada pada daftar ini.

“Jika dibandingkan minggu lalu, Jawa Tengah masih termasuk 5 besar kenaikan tertinggi, sedangkan DKI Jakarta, Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat berhasil menekan angka kematian dalam sepekan sehingga tidak termasuk 5 besar kematian tertinggi minggu ini,” kata Wiku.

Sementara itu Jawa Barat, Riau, dan Kalimantan Timur terjadi kenaikan kematian yang signifikan. Provinsi di bawah kendali Ridwan Kamil menjadi yang tertinggi dengan kenaikan kematian selama satu pekan hingga lebih dari 3 kali lipat.

Wiku melanjutkan, bahwa angka kematian akibat Covid-19 pada tingkat kabupaten/kota cukup bervariasi. Sebanyak 384 kabupaten/kota atau 74,7 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia melaporkan angka kematian 1-10. Namun masih ada 20 kabupaten/kota yang mencatat penambahan angka kematian lebih dari 100 orang.

Wilayah tersebut adalah kota Surabaya, kota Semarang, Jakarta Pusat, Sidoarjo, Jakarta Timur, kota Makassar, Jakarta Selatan, kota Medan, dan Gresik. Selanjutnya Jakarta Utara, kota Palembang, kota Balikpapan, kota Malang, kota Banjarmasin, Demak, Pasuruan, kota Manado, kota Mataram, Kudus.

“Kepada Pemda dan masing-masing kabupaten/kota tersebut mohon memerhatikan penanganan Covid-19 utamanya kasus-kasus gejala sedang dan berat untuk dapat ditangani sedini mungkin dan kepada masyarakat kami mohon jika mengalami gejala segera ke dokter dan dapat ditangani sebelum gejala bertambah parah,” kata Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper