Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Duh! Angka Kematian Pasien Covid-19 Masih Naik Sepekan Terakhir

Lima provinsi yang melaporkan penambahan angka kematian tertinggi pada periode tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Riau, dan Kalimantan Timur.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 29 September 2020  |  19:01 WIB
Petugas memakamkan jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja
Petugas memakamkan jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan pasien Covid-19 yang meninggal dunia meningkat 0,2 persen selama satu pekan dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Data tersebut merupakan hasil rekapitulasi hingga 27 September 2020.

“Ini target kita harusnya turun dari waktu ke waktu, tapi sekaran ini naik dari 831 menjadi 833,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Selasa (29/9/2020).

Adapun 5 provinsi yang melaporkan penambahan angka kematian tertinggi pada periode tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Riau, dan Kalimantan Timur. Provinsi yang dipimpin oleh Ganjar Pranowo pada pekan sebelumnya juga berada pada daftar ini.

“Jika dibandingkan minggu lalu, Jawa Tengah masih termasuk 5 besar kenaikan tertinggi, sedangkan DKI Jakarta, Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat berhasil menekan angka kematian dalam sepekan sehingga tidak termasuk 5 besar kematian tertinggi minggu ini,” kata Wiku.

Sementara itu Jawa Barat, Riau, dan Kalimantan Timur terjadi kenaikan kematian yang signifikan. Provinsi di bawah kendali Ridwan Kamil menjadi yang tertinggi dengan kenaikan kematian selama satu pekan hingga lebih dari 3 kali lipat.

Wiku melanjutkan, bahwa angka kematian akibat Covid-19 pada tingkat kabupaten/kota cukup bervariasi. Sebanyak 384 kabupaten/kota atau 74,7 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia melaporkan angka kematian 1-10. Namun masih ada 20 kabupaten/kota yang mencatat penambahan angka kematian lebih dari 100 orang.

Wilayah tersebut adalah kota Surabaya, kota Semarang, Jakarta Pusat, Sidoarjo, Jakarta Timur, kota Makassar, Jakarta Selatan, kota Medan, dan Gresik. Selanjutnya Jakarta Utara, kota Palembang, kota Balikpapan, kota Malang, kota Banjarmasin, Demak, Pasuruan, kota Manado, kota Mataram, Kudus.

“Kepada Pemda dan masing-masing kabupaten/kota tersebut mohon memerhatikan penanganan Covid-19 utamanya kasus-kasus gejala sedang dan berat untuk dapat ditangani sedini mungkin dan kepada masyarakat kami mohon jika mengalami gejala segera ke dokter dan dapat ditangani sebelum gejala bertambah parah,” kata Wiku.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top