Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Luhut: Vaksin Covid-19 Bukan Jaminan, tapi Harapan

Vaksin belum menjadi jaminan permasalahan pandemi Covid-19 selesai tapi merupakan sebuah harapan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 23 September 2020  |  21:50 WIB
Virus Corona Rusia yang dikembangkan oleh Institut Penelitian Ilmiah Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya. - Xinhua/RDIF Rusia
Virus Corona Rusia yang dikembangkan oleh Institut Penelitian Ilmiah Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya. - Xinhua/RDIF Rusia

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berencana pada sekitar Desember 2020 atau Januari 2021 vaksin Covid-19 sudah diproduksi yang kemudian mulai disuntikkan kepada masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengatakan bahwa keberadaan vaksin belum menjadi jaminan permasalahan pandemi Covid-19 selesai tapi merupakan sebuah harapan.

Dia pun memastikan terus berkoordinasi dengan para produsen vaksin Covid-19 seperti Sinovac dan G42 untuk bisa memenuhi kebutuhan vaksin bagi rakyat Indonesia.

"Apakah itu [vaksin] semua jaminan? Tidak, itu harapan. Kalau mau jadi jaminan ya tunggu terbuktilah," ujarnya dalam acara Mata Najwa yang ditayangkan langsung di Trans7, Rabu (23/9/2020).

Lebih lanjut, dia mengajak semua orang untuk optimistis pada semua upaya yang telah dilakukan pemerintah dan semua pihak terkait lainnya.

Kendati demikian, Luhut mengakui bahwa segala upaya yang dilakukan pemerintah pasti tidak sempurna atau masih ada kekurangan.

Namun, Luhut berharap kekurangan atau kesalahan yang ada jangan dijadikan alasan untuk terus menerus menyerang pemerintah oleh pihak-pihak tertentu, melainkan yang harus dibangun adalah kepercayaan diri bahwa Indonesia bisa melalui masa pandemi Covid-19.

"Kalau kita hidup tidak optimis juga terus saling menyalahkan, saya juga terus terang sedih," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Luhut Pandjaitan covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top