Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pilot Singapore Airlines Setujui Pemangkasan Gaji Lebih Besar

Perusahaan BUMN Singapura itu telah mencapai kata sepakat dengan serikat pekerja pilot untuk mengimplementasikan pemangkasan gaji lebih besar. Nantinya, kesepakatan ini akan mulai berlaku pada 1 Oktober 2020.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 19 September 2020  |  21:09 WIB
Singapore Airlines - Antara
Singapore Airlines - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Para pilot Singapore Airlines Ltd. setuju atas pemangkasan gaji lebih besar agar tetap bekerja di perusahaan maskapai asal Negeri Singa itu.

Perusahaan BUMN Singapura itu telah mencapai kata sepakat dengan serikat pekerja pilot untuk mengimplementasikan pemangkasan gaji lebih besar. Nantinya, kesepakatan ini akan mulai berlaku pada 1 Oktober 2020.

Mengutip Strait Times, dilansir dari Bloomberg, Sabtu (19/9/2020), gaji bagi kapten pilot yang dipekerjakan kembali dan perwira pertama akan dikenai potongan masing-masing 60 persen dan 50 persen.

Potongan itu termasuk pemangkasan 10 persen terhadap komponen variabel bulanan dari gaji mereka.

Hingga saat ini, gaji kapten pilot telah dipangkas 28,5 persen sedangkan gaji perwira pertama dipotong 18,5 persen. Kesepakatan itu akan berlaku sampai 31 Maret 2022.

Sebelumnya, maskapai ini juga mengumumkan bakal memangkas 20 persen karyawannya atau 4.300 pekerjaan seiring dengan tertekannya bisnis maskapai penerbangan selama pandemi Covid-19.

Pemangkasan pekerjaan itu berlaku di seluruh unit Singapore Airlines, termasuk SilkAir dan Scoot.

Meskipun telah mengumumkan pemangkasan karyawan, nasib maskapai milik Singapura ini terbilang lebih beruntung dibandingkan maskapai lainnya. Pasalnya, dengan merebaknya Covid-19, sejumlah stafnya dipekerjakan di rumah sakit, logistik, dan layanan sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapore airlines covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top