Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Keadilan Akses Vaksin Covid-19 Jadi Sorotan Para Menteri G20

Para menteri juga telah mencatat penilaian kesenjangan dalam kesiapsiagaan pandemi Covid-19 yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bekerja sama dengan organisasi internasional terkait.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 18 September 2020  |  09:28 WIB
Presiden Joko Widodo berjalan, di sela-sela menghadiri KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). - Istimewa
Presiden Joko Widodo berjalan, di sela-sela menghadiri KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Memastikan akses yang 'adil dan terjangkau' untuk vaksin Covid-19 bagi semua negara adalah kunci untuk mengatasi pandemi virus Corona baru (Covid-19) dan mendukung pemulihan ekonomi global.

Hal tersebut menjadi pernyataan kunci dari pertemuan menteri keuangan dan kesehatan G20 pada Kamis (17/9/2020).

Pertemuan virtual tersebut menegaskan sebuah rencana aksi akan dipresentasikan pada pertemuan para Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral pada bulan Oktober dan pada pertemuan puncak para pemimpin G20 pada bulan November di ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Dikutip dari Arab News, para menteri berjanji untuk terus menggunakan semua alat kebijakan yang tersedia untuk melindungi kehidupan, pekerjaan, dan pendapatan masyarakat.

Para menteri mengatakan telah mencatat penilaian kesenjangan dalam kesiapsiagaan pandemi Covid-19 yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bekerja sama dengan organisasi internasional terkait. Langkah ini menindaklanjuti kesepakatan para pemimpin G20 pada bulan Maret.

"Kami akan meningkatkan upaya kami untuk mendukung pengawasan pandemi dan data terkait epidemi, memperkuat kemampuan sistem kesehatan, dan mendukung platform untuk mempercepat penelitian dan pengembangan, untuk secara proaktif mengidentifikasi dan menangani patogen infeksius baru dan yang muncul kembali," ungkap pernyataan resmi dari hasil rapat para menteri G20.

Selain itu, negara-negara G20 menegaskan kembali komitmen dalam mematuhi Peraturan Kesehatan Internasional (IHR 2005), untuk meningkatkan penerapannya dan untuk terus berbagi data dan informasi yang tepat waktu, transparan dan terstandardisasi termasuk tentang langkah-langkah kesehatan dan efektivitas intervensi nonfarmasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 Vaksin covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top