Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

India Gunakan Robot Mitra untuk Bantu Pasien Covid-19

Robot ini bertugas menghubungkan pasien terinfeksi Virus Corona dengan teman dan kerabatnya di luar umah sakit.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 September 2020  |  08:00 WIB
Para pekerja dari India National Rural Health Mission melakukan survei dari pintu ke pintu terkait virus corona (Covid-19) di New Delhi, 2 Juli 2020./T. Narayan - Bloomberg
Para pekerja dari India National Rural Health Mission melakukan survei dari pintu ke pintu terkait virus corona (Covid-19) di New Delhi, 2 Juli 2020./T. Narayan - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah rumah sakit di India menggunakan robot pelayan bernama “Mitra” untuk berpatroli di area bangsal pasien Covid-19.

Robot ini bertugas menghubungkan pasien terinfeksi Virus Corona dengan teman dan kerabatnya di luar umah sakit, agar mereka bisa berkomunikasi satu sama lain.

Mitra, yang dalam bahasa Hindi berarti “teman”, adalah robot yang terkenal, karena berinteraksi dengan Perdana Menteri Narendra Modi di sebuah acara pada 2017.

“Matanya yang tajam dilengkapi dengan teknologi pengenal wajah untuk membantunya mengingat orang yang pernah berinteraksi dengannya,” begitu dilansir Asia One pada Kamis (17/9/2020).

Robot ini dilengkapi tablet yang ditempel pada area dada Mitra.

Tablet ini memungkinkan pasien untuk melihat wajah orang yang dicintai. Robot ini sangat berguna bagi pasien pasien yang tidak dapat berkomunikasi menggunakan ponsel mereka.

“Butuh banyak waktu untuk pulih, dan selama waktu ini, pasien sangat membutuhkan keluarganya, mereka tidak dapat berkunjung, “kata dr. Arun Lakhanpal, seorang dokter di Rumah Sakit Khusus Yatharth, Noida, India.

Seorang pasien bernama Makhanlal Qazi mengatakan,”Kami terutama membahas soal kesehatan saya.“

Qazi adalah seorang pensiunan birokrat pemerintah yang terpapar Virus Corona. Dia telah menggunakan robot Mitra untuk berkomunikasi dengan kerabat.

“Saya datang ke sini pada Jumat, 11 September 2020, dan sekarang saya sudah mulai merasa lebih baik. Saya merasa sangat bahagia sekarang,“ kata dia. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india covid-19

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top