Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Kirim 400 Unit Ventilator Tambahan untuk Indonesia

Bantuan tersebut merupakan bagian dari donasi 1.000 ventilator sesuai dengan janji Presiden Donald Trump kepada Presiden Joko Widodo.
AS mengirimkan bantuan ventilator untuk Indonesia./Antara-Kedubes AS Jakarta
AS mengirimkan bantuan ventilator untuk Indonesia./Antara-Kedubes AS Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia mengabarkan kedatangan bantuan ventilator untuk Indonesia.

Kiriman bantuan ventilator dari Pemerintah Amerika Serikat itu melanjutkan pemberian bantuan sebelumnya guna membantu upaya penanganan pandemi Covid-19.

Sejumlah 400 unit ventilator tambahan dari Amerika Serikat telah tiba di Indonesia. Bantuan tersebut merupakan bagian dari donasi 1.000 ventilator sesuai dengan janji Presiden Donald Trump kepada Presiden Joko Widodo.

Demikian pernyataan tertulis Kedutaan Besar Amerika Serikat, diterima di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

“Donasi ini melengkapi upaya berkelanjutan pemerintah Indonesia untuk memerangi Covid-19 dan menunjukkan kelanjutan komitmen Amerika Serikat untuk memimpin respons global terhadap krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini – di dalam negeri dan di seluruh dunia, bersama dengan teman-teman dan sekutu kami,” kata Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes AS Heather Variava.

Menurut Variava hingga saat ini lebih dari 400 unit ventilator telah didistribusikan ke berbagai rumah sakit di sejumlah daerah di Indonesia.

“Pemerintah AS, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), akan terus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Indonesia untuk memfasilitasi distribusi ventilator ke 34 provinsi serta memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang tepat,” demikian pernyataan Kedubes AS.

Sebelumnya, pemerintah AS telah memberikan bantuan berupa ventilator kepada Indonesia pada bulan Agustus dan Juli lalu.

Pada pemberian bantuan tahap pertama di bulan Juli, AS memberikan 100 unit ventilator kepada Indonesia, yang diterima secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Oscar Primadi, disaksikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Kemudian, pada tahap kedua, pemerintah AS memberikan 500 unit ventilator.

Kedatangan bantuan tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri RI di bandar udara Halim Perdanakusuma.

Kedubes AS menyebutkan bahwa selama 20 tahun terakhir, USAID telah menginvestasikan lebih dari US$1 miliar atau Rp14 triliun di sektor kesehatan Indonesia dan membangun landasan yang kuat untuk respons Covid-19 yang efektif.

Selain bantuan berbentuk alat bantu pernapasan itu, pemerintah AS juga telah menginvestasikan US$11 juta atau sekitar Rp187 miliar untuk upaya melawan Covid-19 di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper